Menteri Sandiaga Uno Menyambut Baik Acara Banten Culture Festival ke 46

Bagikan artikel ini

Banten Culture Festival atau yang biasa disebut BCF, merupakan ajang pertunjukkan dan pengenalan Budaya Banten yang diadakan oleh Keluarga Mahasiswa Banten Republik Arab Mesir. Selain sebagai ajang pengenalan budaya, acara inipun menjadi wadah silaturahmi antar warga Banten di Mesir.

Acara Banten Culture Festival yang ke 46 ini mengangkat tema keajaiban dan kesemangatan yang tergambar dari kedudayaan yang dihasilkan oleh masyarakat Banten. Di dalamnya, terdapat pesan pelestarian dan penjagaan kita terhadap budaya, terlebih lagi di ranah internasional seperti di Negara Mesir ini.

Acara Banten Culture Festival ke 46 yang diadakan di Markaz Syabab Hay Sadis, pada tanggal 21 Juli 2022 lalu ini terbilang meriah. Selain banyaknya penampilan budaya Banten, acara inipun dimeriahkan oleh bazar dan beberapa pameran tentang kebudayaaan Banten. Acara BCF tahun ini, diawali dengan sambutan dari tamu undangan, turut hadir dalam acara ini, Guru Besar Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Amin Suma, BA, SH, MA, MM, Wakil Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Arab Mesir, Aji Surya, Koordinator Fungsi Penerangan, Sosial, dan Budaya KBRI Kairo, Sudarsono Soedirlan, dan beberapa staff dari KBRI Kairo. Hadir pula dalam acara ini, Presiden Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia di Mesir, Ahsanul Ulil Albab, Lc, beserta beberapa Gubernur dari Kekeluargaan Nusantara di Mesir. Dalam sambutannya, Koordinator Fungsi penerangan, Sosial, dan Budaya KBRI Kairo, Sudarsono Soedirlan, mengapresiasi dan mengucapkan selamat atas terselenggaranya BCF 46 ini, serta berharap kreasi dari para mahasiswa semakin hari semakin maju dan baik.

Baca Juga  Bangga Beli Produk Lokal

Dalam kesempatan terpisah, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya acara Banten Culuture Festival ke 46 yang diadakan oleh mahasiswa Indonesia di Mesir. “Selamat dan sukses atas terselenggaranya acara Banten culture festival yang ke 46 ini yang diadakan pada Kamis, 21 Juli 2022 lalu,” ucapnya.

Menteri Sandiaga Uno juga mengatakan, cukup bangga dan senang dengan kreatifitas dari mahasiswa dan mahasiswi Indonesia di Mesir yang begitu giat mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia dengan mengadakan kegiatan salah satunya, festival budaya Banten.  

Baca Juga  Sandiaga di Webinar OK OCE : 5 Gagasan Aman Pangan Di Tengah Pandemi

Dalam acara tersebut, juga dilakukan penobatan Kang dan Nong BCF 46, lalu pemotongan tumpeng oleh Ketua Panitia BCF 46, Daru Fahma Muliawan Bersama unsur KBRI dan tamu undangan, dan didampingi oleh Gubernur Keluarga Mahasiswa Banten Republik Arab Mesir, Muhammad Hazbin Qudratulillah. Dilanjutkan dengan penampilan Budaya Banten seperti Pencak silat, Rampak Bedug, Marawis, Debus, Tari, Puisi, Kabaret, Band, dan lain sebagainya. Acara inipun disaksikan tidak hanya oleh warga Banten di Mesir, tapi juga oleh para pelajar dan mahasiswa dari berbagai daerah, dan juga oleh warga Mesir.

Diharapkan dengan acara BCF ini, Kebudayaan Banten akan tetap lestari dan dikenal tidak hanya oleh Warga Banten saja, tapi juga dalam ranah internasional. “Ini adalah salah satu implementasi kami dari kerinduan terhadap tanah kelahiran. Menjadi pokok dalam agenda tahunan, semoga dapat membuka kepedulian pemuda negeri dalam melestarikan budaya bangsa,” tambah Syahlan Ramadhan, selaku Koordinator Divisi Humas dalam acara ini.

Baca Juga  Kolaborasi UMKM Selamatkan Penghasilan

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *