Pentingnya Self-Reward Untuk Menghargai Diri Sendiri

Bagikan artikel ini

Ketika sepanjang hari Anda sudah melakukan suatu kegiatan yang melahkan dan menguras energi, saatnya Anda berterima-kasih kepada diri Anda atas hal yang sudah dikerjakan dengan menerapkan metode self-reward.

Namun, apa itu self-reward? Self-Reward adalah usaha yang diterapkan oleh diri sendiri yang bertujuan untuk menghargai segala usaha maupun pencapaian yang sudah diraih. Self-reward sangat banyak bentuknya dan biasanya masing-masing setiap orang ada caranya tersendiri untuk berterima-kasih kepada dirinya.

Untuk menerapkan self-reward, tidak harus mengeluarkan biaya yang cukup besar, tetapi balik lagi tergantung kepada kebutuhan masing-masing, contohnya sesimple hanya dengan menonton film kesukaan, makan makanan favorite, beli barang keinginan, quality time bersama orang tersayang, melakukan hobi, dan masih banyak lagi.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda perlu menerapkan self-reward:

Meningkatkan Motivasi Bekerja

Baca Juga  Quarter Life Crisis: Cara Menghadapi dan Menanganinya

Mungkin seringkali Anda merasakan bosan, jenuh, ataupun burnout terhadap pekerjaan yang menumpuk di setiap harinya, pastinya akan berpengaruh kepada turunnya motivasi Anda untuk bekerja.

Sangat wajar untuk mengambil waktu beberapa saat untuk melakukan hal yang Anda suka sehingga dapat meningkatkan motivasi yang sangat berpengaruh terhadap performa kinerja Anda.

Bentuk Terima Kasih atau Penghargaan Terhadap Diri

Pastinya, diri Anda berhak untuk mendapatkan penghargaan dari diri sendiri, self-reward merupakan suatu bentuk atas penghargaan dari setiap aktivitas atau pencapaian yang telah Anda raih.

Dengan Anda berterima kasih kepada diri sendiri, hal tersebut merupakan suatu ciri bahwa Anda mencintai diri Anda sendiri. Anda jadi lebih merasa bahwa diri Anda berharga dan layak untuk mendapatkan kebahagiaan.

Melepaskan Stress

Ketika Anda memiliki pekerjaan yang menumpuk, rasa stress rentan untuk datang kepada diri Anda. Self-Reward bisa menjadi solusi ketika Anda merasa stress akibat pekerjaan yang menumpuk. Beri diri Anda waktu dari pekerjaan untuk sekadar beristirahat dan melakukan hal-hal yang Anda sukai agar lebih dapat merileksasikan tubuh dan pikiran sehingga dapat meningkatkan produktivitas untuk bekerja keesokan harinya.

Baca Juga  Pentingnya Menguasai Bahasa Inggris dalam Era Globalisasi

Berikut adalah beberapa alasan mengapa menerapkan self-reward itu sangat penting. Tentunya, kita tidak bisa untuk selalu memaksakan diri untuk bekerja secara terus menerus tanpa memikirkan kebahagiaan diri kita.

Jika Anda terus memaksakan diri, diri Anda sendiri akan rentan untuk mengalami stress sehingga akan berpengaruh terhadap performa kita saat bekerja jadi tidak maksimal.

Sangat wajar jika Anda memiliki waktu luang dan menggunakannya untuk sekadar beristirahat dan melakukan hal-hal yang Anda suka. Diri Anda sangat berhak dan butuh diberikan pernghargaan atas segala aktifitas dan pencapaian yang telah Anda capai.

Baca Juga  5 situs untuk menyelesaikan skripsi

Anda dapat menentukan metode self-reward yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan dan butuhkan karena setiap orang berbeda-beda.

Gambar oleh Jill Wellington dari Pixabay


Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *