Pentingnya Mempersiapkan Dana Darurat Saat Pandemi

Bagikan artikel ini

Banyak masalah finansial yang terjadi akibat hadirnya pandemi Covid-19 yang membuat pertumbuhan ekonomi menurun, contohnya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), dibutuhkannya biaya pengobatan, terlilit hutang, bisnis menjadi sepi pengunjung, dan sebagainya.

Sebagai persiapan untuk penanganan hal tersebut tersebut, kita membutuhkan dana darurat. Dana darurat dapat menjadi pertolongan pertama kita saat kita tertimpa masalah terkait finansial, sehingga kita tidak perlu merasa panik atau bahkan meminjam uang kepada teman maupun kerabat.

Namun, apa yang di maksud dengan dana darurat? Dana darurat adalah biaya yang disimpan dengan baik untuk digunakan sebagai keperluan darurat dan mendesak.

Terutama saat hadirnya pandemi Covid-19 kita harus mempersiapkan dana darurat dengan sebaik-baiknya karena kita tidak akan tahu ada apa di hari esok dan tidak ada yang menjamin penghasilan Anda akan tetap.

Lalu, berapa hitungan yang ideal untuk mempersiapkan dana darurat?

Baca Juga  Jual Oleh-oleh Jogja di Pontianak, Usaha Mikro Bakpia Kite Mampu Serap 6 Lapangan Kerja

Jika Anda belum menikah, dana darurat yang harus Anda persiapkan adalah sebesar 3-6 kali lipat gaji. Sedangkan jika Anda sudah menikah, dana darurat yang harus dipersiapkan adalah sebesar 6-12 kali lipat gaji, karena tentunya biaya rumah tangga akan lebih besar.

Cara untuk mempersiapkan dana darurat adalah Anda dapat membuat rekening baru khusus untuk tabungan dana darurat agar tidak tercampur dan terpakai dengan tabungan untuk biaya sehari-hari. Membuat rekening baru dapat menyimpan dana darurat yang Anda miliki lebih efektif.

Untuk besaran dana darurat yang harus dipersiapkan setiap bulannya, Anda dapat menyisihkan 10-15% pendapatan Anda setiap bulannya untuk disimpan. Sehingga Anda dapat langsung menggunakan dana tersebut jika terjadi hal atau keperluan mendesak.

Banyak sekali manfaat yang akan Anda dapatkan setelah mempersiapkan dana darurat, contohnya hidup Anda akan lebih tenang dan tentram karena terhindar oleh utang, karena utang adalah suatu hal yang sebisa mungkin harus dihindari jika masih bisa diusahakan dan dipersiapkan.

Baca Juga  Sandiaga Uno Menghadiri Acara Strategi Naik Kelas Bisnis Kuliner

Terutama pada masa pandemi, Anda harus lebih bijak dalam mengatur pengeluaran bulanan Anda. Pertimbangkan pengeluaran Anda untuk sekiranya hal-hal yang tidak terlalu penting. Sehingga ketika Anda menghemat pengeluaran yang sekiranya tidak penting, uang yang Anda miliki bisa dialihkan untuk disimpan sebagai dana darurat.

Maka dari itu, mulai sekarang persiapkan dana darurat Anda dan jangan menyepelekan untuk memiliki dana darurat sebelum terlambat dan menyesal.

Karena tidak ada yang tau akan ada hal apa kedepannya, lebih baik mempersiapkan secara matang terlebih dahulu sebelum Anda harus kebingungan untuk mencari dana kemana disaat membutuhkan.

Gambar oleh S K dari Pixabay


Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *