Menerapkan Self-Healing dengan Meditasi Mindfulness

Bagikan artikel ini

Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang ada momen dimana kita merasakan bahwa suasana hati kita merasa tidak baik-baik saja.

Hal tersebut bisa disebabkan oleh banyak faktor, melainkan seperti ketika merasa kegagalan, tertimpa masalah pribadi, hasil yang dihasilkan tidak sesuai harapan, kehilangan barang ataupun orang yang disayang, putus cinta, dan hal yang tidak menyenangkan lainnya.

Dalam fase tersebut, pastinya diri kita berada di fase denial dan merasa kesedihan yang larut. Hal tersebut pastinya merupakan hal yang wajar kita rasakan, karena sebagai manusia kita memiliki hati dan perasaan yang bisa merasakan segala emosi terkait peristiwa yang sedang kita alami. Dari emosi yang dirasakan tersebut dapat mewakilkan apapun yang sedang kita rasakan.

Saat kita merasakan hal tersebut, ternyata terdapat metode self-healing yang dapat kita terapkan secara mandiri, yaitu meditasi mindfulness.

Namun, apa itu meditasi mindfulness? Meditasi mindfulness adalah meditasi yang dilakukan sadar secara sepenuhnya terkait hal-hal yang sedang kita lakukan atau rasakan saat itu.

Baca Juga  Sandiaga Uno Menghadiri Acara Strategi Naik Kelas Bisnis Kuliner

Contohnya, sesimple ketika kita merasakan secara sepenuhnya setiap hembusan nafas yang masuk dan keluar dari hidung kita, merasakan suara yang ada di sekeliling kita, emosi yang kita rasakan ataupun menyadari aktivitas yang sedang kita lakukan, misalkan ketika kita sedang memasak.

Kita dapat menggunakan 5 panca indera kita untuk merasakan tekstur dari bahan masakan yang kita gunakan, aroma dari masakan tersebut, dan merasakan setiap detail masakan yang telah dibuat.

Dengan mempraktikan metode ini, pikiran kita akan lebih tenang sehingga dapat membantu untuk meredakan stress dan cemas. Teknik meditasi mindfulness ini sangat dianjurkan untuk di terapkan karena sangat mudah, hemat waktu, fleksibel (dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja), dan dapat dilakukan secara mandiri.

Lalu, bagaimana cara kita untuk menerapkan metode mindfulness ini? Simak langkah-langkahnya dibawah ini!

  1. Carilah tempat dan posisi duduk yang nyaman
  2. Mengatur pernapasan secara santai dan rileks
  3. Rasakan secara fokus apa yang dilakukan
  4. Terima dan rasakan emosi yang sedang dirasakan
  5. Lakukan hal tersebut selama 15 menit
Baca Juga  Pertolongan Pertama di Saat Mental Cedera

Nah, itulah langkah-langkah yang bisa kita terapkan untuk melakukan metode self-healing. Sangat banyak manfaat yang akan Anda rasakan jika menerapkan meditasi ini setiap harinya, selain untuk meredakan stress, cemas, dan menenangkan pikiran, meditasi ini juga mampu untuk menjaga kefokusan kita terhadap suatu pekerjaan yang sedang dilakukan dan juga dapat meningkatkan daya ingat.

Anda dapat menerapkan meditasi mindfulness sebagai rutinitas cukup selama 10-15 menit setiap harinya untuk menjaga kesehatan mental yang lebih baik. Karena kesehatan mental juga sama pentingnya seperti kesehatan fisik yang harus kita jaga dengan baik.

Gambar oleh Pexels dari Pixabay


Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *