Keluar dari Zona Nyaman: Salah Satu Faktor Penentu Kesuksesan

Bagikan artikel ini

Tidak perlu diragukan, berada di zona nyaman adalah suatu keadaan yang sangat aman dalam arti kamu tidak ada tekanan dan tidak perlu merasa gelisah atas risiko yang akan terjadi kedepannya.

Tetapi, justru terjebak di zona nyaman adalah suatu hal yang sangat fatal. Mengapa? Karena ketika kamu terus stuck di dalam zona nyamanmu, kemampuan dan potensi yang ada di diri kamu tidak berkembang.

Dalam arti kamu akan merasa “gitu-gitu aja” sehingga tidak dapat meningkatkan kualitas yang ada di diri kamu. Meski keluar dari zona nyaman tidak semudah yang dibayangkan, tetapi keluar dari zona nyaman merupakan suatu keharusan yang tentunya akan menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan di masa depan.

Berikut adalah beberapa alasan kenapa kamu harus keluar dari zona nyaman:

Meningkatkan Skill

Ketika kamu keluar dari zona nyamanmu, pastinya kamu akan belajar banyak hal baru, sehingga skill yang kamu punya juga akan meningkat. Skill ini lah yang pastinya akan berguna untuk kedepannya terutama saat di dunia kerja. Mulai sekarang, kita harus memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk memaksimalkan kemampuan yang kita miliki

Baca Juga  Meningkatkan Karier dengan Meningkatkan Soft Skill

Memberi Banyak Pengalaman

Tentunya akan banyak pengalaman baru yang kamu rasakan saat keluar dari zona nyaman. Pengalaman sangat dibutuhkan untuk bekal kehidupan kedepannya. Dengan memiliki pengalaman, wawasan dan pengetahuan kamu akan lebih terbuka karena kamu akan mempunyai perspektif dan sudut pandang baru dalam suatu hal.

Selain itu, pengalaman hidup yang kamu miliki mungkin saja tidak dapat terulang dua kali, jadi sayang banget kan kalau gak mencari pengalaman sebanyak-banyaknya?

Lebih Mengenal potensi diri

Ketika kamu mulai keluar dari zona nyaman dan belajar banyak hal baru, kamu jadi lebih mengenal apa kekurangan dan kelebihan yang ada di diri kamu.

Sangat penting untuk mengenal potensi diri karena hal tersebut merupakan suatu komponen untuk mengukur kemampuan dan minat bakat diri. Sehingga jika kamu akan terjun ke dunia karier, kamu tidak merasa hilang arah atau kebingungan mengenai bidang apa yang ingin kamu tekuni.

Baca Juga  Mengenal Peter F. Gonta, yang Memposting Surat Budi Hartono ke Jokowi

Itu dia 3 alasan mengapa kamu harus keluar dari zona nyamanmu, memang tidak mudah, tetapi jika kamu memiliki tekad yang kuat untuk melangkah lebih maju, sedikit demi sedikit pasti akan bisa.

Tidak masalah untuk merasakan kegagalan dalam mencoba hal-hal baru, karena kegagalan merupakan hal wajar yang pasti dirasakan setiap orang.

Asalkan kamu dapat menerima kegagalan tersebut dan bangkit untuk terus belajar sehingga dapat memperbaiki hal-hal yang sekiranya masih harus dipelajari

Mulai sekarang, coba untuk melangkah keluar dari zona nyamanmu dan ambil segala kesempatan yang ada untuk terus upgrade kualitas diri kamu.

Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay


Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *