Bangga Beli Produk Lokal

Bagikan artikel ini

Jakarta – Dilansir dari Menparekraf Sandiaga Uno dorong masyarakat untuk bangga pada produk lokal salah satunya produk dari Sumatra Utara, melalui #BeliKreatifDanauToba. Program yang sejalan dengan Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia ini, bertujuan untuk menumbuhkan rasa bangga terhadap pembelian dan penggunaan produk Sumatra Utara. Sehingga kita dapat berpartisipasi pada pemulihan perekonomian nasional.

Rasa bangga tersebut ditunjukan Menparekraf dengan mengenakan pakaian adat songket Tapak Catur bermotif Ulos Simalungun, rancangan desainer Irsan. Motif ini biasanya digunakan untuk acara pernikahan dan digunakan sebagai abit atau sarung.

#BeliKreatifDanauToba memiliki dua program utama, yakni pendampingan berupa peningkatan up-skilling serta pemasaran berupa on boarding ke marketplace atau e-commerce, sehingga artisan mampu memperluas pasar domestik maupun ekspor dan meningkatkan omzet sekaligus memperluas penyerapan tenaga kerja.

Baca Juga  OK OCE Akan Tanggung Biaya Keluarga Pasien Corona

Untuk mendukung program tersebut, sejak awal Februari 2021, Kemenparekraf melakukan rangkaian kegiatan dimulai dari pre hingga post launching, diantaranya kampanye dan publikasi di owned dan paid media, showcase produk ekonomi kreatif di 5 bandara Internasional, BKDT Fair dan Pesona Kuliner Danau Toba di Mall Serpong, on boarding dan pemasaran, pelatihan dan upskilling pada Maret hingga November 2021.

Keseluruhan rangkaian program ini memfasilitasi 5.700 artisanal ekonomi kreatif Sumatera Utara. Terlaksananya program ini wujud kolaborasi antar K/L, Pemerintah Daerah, marketplace, komunitas ukm, dan para pelaku ekonomi kreatif yang berhimpun untuk mendukung dan bersinergi demi pengembangan sektor ekonomi. ucap Sandiaga Uno

Baca Juga  Bantuan UMKM Online Meluncur, Apa Saja Syaratnya?

Program ini juga bertujuan untuk mempromosikan Danau Toba sebagai salah satu destinasi Pariwisata Super Prioritas yang harus dikawal perkembangannya.


Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *