Tips Sukses Saat Magang Pertama Kali Bagi Mahasiswa

Bagikan artikel ini

Memang tidak semudah yang dipikirkan ketika Anda sebagai mahasiswa yang masih duduk di bangku kuliah terjun ke dunia kerja untuk magang pertama kali.

Tetapi, magang adalah suatu wadah untuk pembekalan karier Anda untuk terjun di dunia kerja secara langsung dan dapat menambah pengalaman baru di dunia kerja.

Saat magang, Anda akan menyalurkan dan mempraktikan segala ilmu yang telah Anda pelajari di bangku kuliah sehingga Anda akan lebih siap untuk terjun di dunia kerja.

Dengan mengikuti magang, Anda akan mendapatkan pengalaman baru yang tidak Anda temukan di perkuliahan dan memperluas relasi.

Namun, apa tips sukses yang mempermudah Anda saat magang pertama kali khususnya bagi mahasiswa? Simak tipsnya berikut ini!

1. Jangan Ragu untuk Bertanya

Untuk menghindari segala kesalahan yang akan terjadi, Anda harus bersifat aktif dan jangan ragu untuk bertanya. Siapkan pertanyaan yang tepat sesuai dengan apa yang ingin Anda tanya.

Baca Juga  Miliarder Muda Eksis Bisnis Daster Bordir Khas Malang

Karena bertanya lebih baik daripada Anda berdiam diri dengan pekerjaan yang tidak Anda mengerti.

2. Kerjakan Segala Tugas dengan Disiplin dan Tepat Waktu

Kerjakan tugas sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh supervisor Anda. Berikan hasil yang terbaik sehingga hasil kerja Anda mendapatkan penilaian yang positif dari supervisor dan rekan kerja Anda.

Selesaikan tugas tepat pada waktunya dan jangan pernah menunda tugas sekecil apapun.

3. Menjaga Etika, Bersikap Sopan dan Ramah

Selain skill yang Anda miliki, etika merupakan salah satu hal penting yang sangat diperhatikan dalam dunia kerja.

Jagalah etika dimulai dari hal kecil seperti tidak berbicara terlalu keras, tidak menganggu rekan kerja, dan selalu memelihara kebersihan. Karena etika termasuk salah satu kepribadian yang bisa dinilai oleh orang lain.

4. Memperluas Relasi Sebanyak-banyaknya

Anda dapat memanfaatkan pengalaman magang Anda sebagai wadah memperluas relasi. Karena relasi sangat penting saat Anda terjun di dunia kerja untuk saling bekerja sama dan memotivasi satu sama lain.

Baca Juga  OK OCE Akan Tanggung Biaya Keluarga Pasien Corona

Bertemanlah dengan siapa saja dalam lingkungan kerja dan perkuat komunikasi supaya dapat memiliki partner kerja yang saling mendukung satu sama lain.

Jika memang ada kesempatan untuk magang, jangan sia-siakan kesempatan tersebut. Karena selain diperlukan nilai yang bagus, pengalaman kerja juga dibutuhkan untuk meningkatkan jejak karier Anda.

Sangat banyak yang akan Anda dapatkan jika telah memiliki pengalaman magang. Pengalaman tersebut sangat berguna jika Anda telah lulus dibangku kuliah dan ingin bekerja di perusahaan lainnya.

Karena pengalaman kerja adalah salah satu pertimbangan HRD untuk menerima Anda menjadi karyawan di perusahaan tersebut atau tidak.

Semakin banyak Anda memiliki pengalaman kerja, semakin besar juga kemungkinan Anda untuk diterima di perusahaan lainnya yang akan Anda tuju setelah lulus kuliah.

Gambar oleh Ronald CarreƱo dari Pixabay


Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *