Mengenal Customer Relationship Management Lebih Dalam

Bagikan artikel ini

Jika Anda sudah terjun di dunia bisnis, pasti tidak asing lagi dengan istilah CRM atau bisa disebut dengan Customer Relationship Management. Namun, jika Anda belum tahu apa itu CRM, mari kita mengenal CRM lebih dalam pada artikel ini!

Customer Relationship Management (CRM) adalah suatu strategi dalam dunia bisnis untuk menjaga hubungan baik kepada para konsumen yang bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan saat ini, mempertahankan pelanggan, menaikan penjualanan, dan menciptakan sifat loyalitas serta kepuasan para konsumen.

Sebelum menerapkan strategi CRM, para pelaku bisnis harus mengetahui beberapa tahapan yang terdapat pada CRM, antara lain sebagai berikut:

1. Mendapatkan Konsumen Baru (Acquire)

Karena dalam tahapan ini adalah mendapatkan konsumen baru, maka pelaku bisnis harus memberikan kesan pertama yang baik kepada para konsumen.

Layani konsumen dengan sepenuh hati dalam memenuhi kebutuhannya. Berikan pelayanan yang baik, cepat, dan tanggap sesuai dengan kebutuhannya agar para konsumen merasa puas melakukan transaksi melalui toko Anda.

Baca Juga  Agenda 19 Sept 2020 : Belajar Edit Foto Produk

2. Menambah nilai konsumen (Enhance)

Setelah mendapatkan konsumen baru, hal yang harus dilakukan oleh pelaku bisnis adalah menjalin hubungan yang erat dengan pelanggan.

Pusatkan perhatian Anda kepada para konsumen dan dengarkan segala kebutuhan maupun keluhannya. Karena hal ini akan menambah nilai konsumen serta menciptakan loyalitas konsumen.

3. Mempertahankan pelanggan (Retain)

Tahap yang terakhir adalah tahap yang penting bagi strategi CRM, yaitu mempertahankan pelanggan. Ketika para pelaku bisnis melayani konsumen dengan ramah, sopan, dan tanggap, maka konsumen tersebut akan merasa puas sehingga berpotensi untuk menjadi pelanggan tetap.

Maka dari itu, sebagai pelaku bisnis harus bersikap profesional saat melayani konsumen dengan melayaninya sebaik mungkin.

Dengarkan segala keluhan jika ada mengenai produk Anda dan perbaiki kekurangan tersebut sebaik mungkin demi mencapai kepuasan konsumen.

Sudah saatnya sekarang para pelaku bisnis menerapkan strategi CRM karena sangat banyak manfaat yang akan diraih jika suatu bisnis menerapkan pendekatan ini.

Baca Juga  INDRA UNO DALAM WEBINAR OK OCE : SUDAH SAATNYA UMKM BANGKIT DARI KETERPURUKAN PANDEMI INI

Dengan menerapkan strategi ini, Anda akan menjalin hubungan baik kepada konsumen sehingga akan meningkatkan penjualanan pada bisnis Anda.

Memang kualitas suatu produk yang Anda produksi sangat penting bagi kepuasan konsumen. Tetapi, tolok ukur kepuasan konsumen tidak hanya diukur melalui seberapa berkualitas produk tersebut diproduksi.

Melainkan cara Anda melayani konsumen juga sangat penting untuk diperhatikan. Konsumen akan sangat memperhatikan bagaimana para pelaku bisnis melayaninya, apakah pelayanan tersebut baik atau tidak.

Jika Anda melayani para konsumen sebaik mungkin, para konsumen tidak akan segan untuk datang kembali dan membeli produk Anda. Karena pelayanan menjadi nilai tambah dan kesan pertama para konsumen terhadap suatu bisnis.

Dengan pelayanan yang baik, akan menciptakan loyalitas konsumen terhadap bisnis Anda.

Gambar oleh GraphicMama-team dari Pixabay


Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *