PTN dan PTS: Lebih Baik Mana?

Bagikan artikel ini

Setelah siswa SMA telah menyelesaikan studinya di sekolah, mereka harus menentukan studi mereka di jenjang yang selanjutnya secara matang. Karena hal ini sangat berpengaruh pada saat mereka terjun di dunia kerja dan karier apa yang akan mereka tempuh.

Dimulai harus menemukan apa jurusan yang mereka minati dan kampus mana yang ingin mereka pilih untuk melanjutkan jenjang pendidikannya.

Banyak dari mereka yang lebih memilih untuk melanjutkan studinya di PTN dibandingkan di PTS. Mengapa demikian? Beberapa stigma menyatakan bahwa PTN lebih baik dibanding oleh PTS.

Stigma lain juga menyatakan bahwa orang yang berkuliah di PTN lebih dipandang daripada orang yang berkuliah di PTS. Hal ini disebabkan karena ketatnya persaingan para calon mahasiswa yang mengikuti ujian seleksi memasuki PTN.

Memang bukan hal yang mudah untuk berkesempatan lolos dalam ujian seleksi tersebut, mereka berusaha dengan semaksimal mungkin untuk berkesempatan lolos di PTN.

Baca Juga  SANDIAGA DI NGAZOOMBURIT OK OCE : BUDAYA GOTONG ROYONG INDONESIA JADI PERTAHANAN JITU DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Alasan lain mengapa para calon mahasiswa lebih memilih PTN dibanding PTS karena kualitas pendidikan yang lebih baik, biaya yang lebih murah, lebih mudah untuk mendapatkan tempat di dunia kerja, dan sebagainya.

Padahal jika ditelusuri lebih dalam tidak selalu begitu, masih banyak masyarakat yang memandang PTS dari sebelah mata. Nyatanya, masih banyak PTS yang kualitas pendidikannya maupun fasilitasnya lebih baik daripada PTN. Setiap kampus pasti memiliki kelebihannya masing-masing.

Jika kita membicarakan dari segi biaya, memang benar bahwa PTN memiliki biaya yang cenderung lebih murah dibandingkan oleh PTS. Karena PTN mendapatkan dana bantuan dari pemerintah sehingga biaya pendidikannya lebih murah.

Stigma lain yang masih sangat melekat kuat di kalangan masyarakat yaitu berkata lulusan dari PTN lebih mudah mendapatkan tempat di dunia kerja dibandingkan oleh PTS.

Benarkah? Padahal saat ini sudah banyak bukti bahwa karier lulusan PTS tidak kalah keren daripada PTN. Kenyataannya, masa depan tidak ditentukan dari lulusan kampus mana tempat ia belajar sebelumnya, kesuksesan ditentukan dari diri sendiri.

Baca Juga  Sektor Wisata Lesu, Pebisnis ini lakukan Pivot Usahanya

Dengan memiliki kerja keras yang maksimal, alumni PTN maupun PTS bisa memiliki peluang untuk sukses tanpa memandang kampus mana tempat ia berkuliah.

Sebelum Anda memutuskan memilih kampus tempat Anda berkuliah, pastikan jurusan yang Anda pilih benar-benar jurusan sesuai minat dan bakat Anda.

Karena jurusan sangat penting dan berpengaruh terhadap masa depan dan karier yang akan Anda tempuh di masa depan nanti. Setelah itu, pilihlah kampus PTN maupun PTS yang memiliki akreditasi sebaik mungkin. Karena akreditasi setiap kampus juga penting untuk dipertimbangkan.


Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *