Pertolongan Pertama di Saat Mental Cedera

Bagikan artikel ini

Ketika kita sedang mengalami peristiwa yang menyedihkan, akan berdampak kepada suasana hati dan bisa aja berpengaruh terhadap mental.

Misalkan ketika Anda sedang mengalami kagagalan, orang terdekat meninggal dunia, ketika ekspetasi yang Anda harapkan tidak sesuai dengan realita, dan peristiwa yang menyedihkan lainnya.

Hal itu sangat wajar dirasakan karena sebagai manusia pasti hidup kita tidak selalu mulus. Dengan adanya peristiwa tidak menyenangkan tersebut, bisa berpengaruh terhadap cedera atau lelah mental pada diri Anda.

Ciri-ciri ketika mental sedang lelah bisa ditandai dengan berikut:

  1. Merasa sangat lelah padahal sudah tidur dengan cukup
  2. Merasa tidak bahagia dengan kehidupan
  3. Kehilangan minat dengan aktivitas yang biasanya diminati
  4. Menarik diri dari kehidupan sosial
  5. Merasa diri sendiri tidak berharga
  6. Berkurangnya tingkat produktivitas dari biasanya

Lalu, pertolongan pertama apa yang bisa Anda lakukan ketika mental Anda sedang tidak baik-baik saja? Simak tips berikut ini!

1. Lakukan self healing untuk mengobati luka yang ada pada diri sendiri

Baca Juga  Agenda 19 Sept 2020 : Workshop Produksi Pembersih Lantai Sereh

Self-healing adalah suatu proses yang bertujuan untuk mengobati segala luka batin yang dimiliki setiap orang. Proses self healing ini bisa hanya dilakukan oleh diri sendiri. Selain untuk mengobati luka batin, self healing juga dapat membantu Anda untuk lebih bisa berdamai dengan diri sendiri, memaafkan diri sendiri, menjernihkan pikiran, dan sebagainya.

Contoh proses self healing yang bisa Anda lakukan yaitu, menuliskan kejadian apa saja yang telah terjadi beberapa hari ini, lebih menerima diri sendiri, melakukan me time, dan lain-lain.

2. Beristirahatlah sejenak dan lakukan apapun yang Anda suka

Tidak masalah jika kita mengambil waktu beberapa saat untuk beristirahat untuk sekadar jalan-jalan, menonton film, belanja, tidur, dan sebagainya. Hal ini dapat mengistirahatkan mental Anda yang sedah lelah sehingga setelah beristirahat akan lebih siap untuk menjalani aktivitas seperti biasanya.

Baca Juga  5 Tips Hadapi COVID-19 Bagi Pelaku UMKM, Di Webinar Zahir dan OK OCE

3. Bercerita kepada orang sekitar yang Anda percaya

Bercerita kepada kerabat maupun sahabat dapat membuat suasana hati lebih baik daripada sebelumnya karena dengan bercerita akan cukup meringankan beban yang Anda miliki. Cobalah untuk bersikap lebih terbuka kepada orang yang Anda percaya sehingga Anda dapat mendapatkan solusi dari masalah yang Anda hadapi.

4. Berfikirlah secara positif

Memiliki pola pikir yang positif maupun negatif sangat berpengaruh kepada kesehatan mental Anda. Karena jika Anda terus berpikiran secara negatif, Anda akan merasa lebih memiliki banyak beban. Maka dari itu, berpikirlah secara positif demi mental yang lebih sehat.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat mental Anda sedang cedera. Jagalah kesehatan mental Anda sebaik mungkin karena kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik.

Baca Juga  Mengenal Peter F. Gonta, yang Memposting Surat Budi Hartono ke Jokowi

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *