Menyusun Marketing Mix (7P) Untuk Memulai Bisnismu

Bagikan artikel ini

Ketika seorang pengusaha membuka suatu bisnis, diperlukan suatu strategi marketing secara efektif untuk menentukan bauran pemasaran yang tepat untuk suatu bisnis.

Bauran pemasaran inilah yang dimaksud oleh Marketing Mix (7P). Dengan adanya bauran pemasaran tersebut, suatu bisnis akan lebih meyakinkan, terarah dan dapat menentukan suatu target tertentu.

Lalu, apa saja yang termasuk oleh marketing mix (7P)

  1. Produk

Dalam membangun suatu bisnis, pastinya kita harus menentukan produk apa yang sekiranya ingin kita jual. Produk yang dimaksud dalam poin ini bisa saja barang maupun jasa. Pastikan produk yang Anda jual memiliki nilainya tersendiri supaya para pelanggan tertarik untuk membeli produk Anda.

2. Price

Harga yang ditentukan oleh seorang pengusaha harus sesuai dengan pasaran. Jangan memasang harga yang terlalu mahal maupun terlalu murah. Untuk menentukan harga, seorang pengusaha harus menyesuaikan pula harga dengan kualitas barang yang dipasarkan.

Baca Juga  Apakah Seorang Pebisnis Harus Mempunyai Etika?

3. Place

Dalam poin ini, para pengusaha harus menentukan barang yang akan dipasarkan ingin dijual entah melalui toko offline ataupun online. Jika pengusaha berencana untuk membuka toko offline, carilah tempat yang sekiranya strategis dan mudah dijangkau oleh para calon konsumen.

4. Promotion

Dalam tahap promosi, tugas para pengusaha harus mengenalkan produk sekaligus tokonya kepada para calon konsumennya. Jika para pengusaha berencana untuk membuka toko offline, mereka bisa mempromosikan produknya dengan cara mambagikan brosur, memasang spanduk, dan sebagainya.

Sedangkan jika para pengusaha berencana untuk membuka toko online, dapat melakukan promosi dengam cara membuka toko online melalui market place, bekerja sama dengan para influencer, memasang iklan melalui instagram ads, dan sebagainya.

5. People

Pengusaha merekrut para karyawan yang sekiranya akan bertugas dalam melayani para calon konsumen. Poin ini sangat berpengaruh terhadap kepuasan para konsumen apakah mereka puas dalam segi pelayanan atau tidak. Karena faktor kepuasan konsumen terhadap pelayanan juga faktor yang menentukan konsumen ingin kembali ke toko Anda atau tidak.

Baca Juga  Agenda 19 Sept 2020 : Workshop Produksi Pembersih Lantai Sereh

6. Process

Process adalah suatu tahap disaat konsumen merasakan pelayanan yang toko Anda berikan. Dimulai dari para konsumen melihat produk Anda sampai para konsumen membeli produk yang toko Anda tawarkan.

7. Physical Evidence

Poin yang terakhir, yaitu physical evidence. Physical evidence adalah bukti fisik pendukung dari bisnis Anda. Sehingga para konsumen bisa melihat, mencium, dan merasakan secara langsung.

Misalnya, dengan packaging bisnis Anda para konsumen bisa melihat langsung dan menilai apakah menarik atau tidak. Karena jika bukti fisiknya menarik, bisa memberi nilai tambah sendiri untuk bisnis Anda.

Setalah marketing mix (7P) telah tersusun dengan baik, Anda bisa langsung terapkan bentuk marketing ini secara langsung kepada bisnis Anda.

Image by Malachi Witt from Pixabay


Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *