Mengenal Teknologi di Pesawat

Bagikan artikel ini

Jakarta – Ditengah duka yang telah terjadi musibah kecelakaan pesawat yang sedang ramai diperbincangkan Sriwijaya Air, sebagian orang pasti ada yang takut/trauma dengan menaiki pesawat. Oleh karena itu perlu diketahui kita sebagai pengguna transportasi mengetahui teknologi yang ada pada pesawat agar kita mendapatkan wawasan dan selalu berhati-hati.

Berikut Teknologi yang digunakan oleh pesawat :

Bingkai Sayap

Saat lepas landas, di ketinggian jelajah, dan melakukan pendaratan, sayap pesawat, terutama spar mengalami banyak tekanan. Oleh karena itu, perkembangan bingkai pesawat yang aerodinamis dan mengurangi tekanan udara sangatlah membantu. Kru menggunakannya untuk memeriksa tanda-tanda awal kegagalan melalui kulit badan pesawat.

Peringatan Cuaca

Inilah alasan mengapa sangat penting bagi pilot untuk memiliki akses ke peringatan data cuaca terkini setiap saat.
Peringatan cuaca yang mencakup peringatan untuk petir di awan, angin geser, hujan lebat, dan hujan es dapat mencegah pesawat lepas landas selama kondisi cuaca tidak stabil dan membantu bandara tetap berjalan lancar.

Baca Juga  XL Meraup Keuntungan Rp 25 triliun dari Paket Data Konsumen

Sistem Peringatan Kedekatan Ground

Salah satu fitur keselamatan pesawat terpenting lainnya adalah Enhanced Ground Proximity Warning Systems , yang juga dikenal sebagai Terrain Awareness Warning Systems .
Melalui data sensorik, sistem ini mengurangi kemungkinan pendaratan darurat atau tabrakan darat yang fatal. Pada 1990-an, EGPWS ditingkatkan untuk lebih mengandalkan Global Positioning System untuk memberikan pilot orientasi visual dari setiap tempat di area sekitar pesawat.

Bantalan Roda Pesawat

Roda dan bantalan roda adalah komponen pesawat terbang yang sangat penting lainnya yang berdampak langsung pada keselamatan. Selain itu, roda berakselerasi dari nol hingga 2.000 rpm dalam waktu kurang dari satu detik saat mendarat. Misalnya, bantalan roda terbaru, yang dibuat dari formula keramik baru, lebih baik dalam menahan perubahan suhu dan tekanan fisik yang ditimbulkan oleh pendaratan.

Baca Juga  Apakah Aplikasi Zoom Aman ?

Isolasi Termal/Akustik

Saat pesawat jatuh, seringkali banyak korban terkait dengan kebakaran yang terjadi. Untuk meminimalkan korban jiwa terkait penerbangan, pesawat menggunakan selimut isolasi yang dilapisi dengan material metalized polyethylene terephthalate dengan isolasi termal atau akustik. Teknologi isolasi baru ini tidak hanya memenuhi standar perambatan api, tetapi juga secara efektif meningkatkan ketahanan pesawat dari api eksternal.


Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *