Quarter Life Crisis: Cara Menghadapi dan Menanganinya

Bagikan artikel ini

Semakin kita beranjak dewasa, khususnya pada saat kita menginjak usia 20-30 tahun, kita akan semakin rentan merasakan quarter life crisis.

Namun, apa yang dimaksud quarter life crisis? Quarter life crisis adalah fase yang akan dirasakan seseorang ketika beranjak dewasa, fase ini ditandai oleh ketika seseorang merasa cemas mengenai masa depannya, merasa minder dengan pecapaian orang lain, bingung akan tujuan hidupnya, dan sebagainya.

Memang, mengalami masa transisi dari remaja menuju dewasa tidak mudah, tetapi mau bagaimanapun, menginjak usia dewasa mau tidak mau tidak bisa dihindari.

Lalu, bagaimana cara kita menghadapi fase krisis tersebut? Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  1. Terimalah segala kekurangan yang ada pada diri sendiri

Percayalah bahwa setiap orang pasti memiliki kekurangan masing-masing. Terimalah dirimu dengan apa adanya karena dibalik kekurangan tersebut pasti Anda memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain.

Baca Juga  Mengenal Corporate Social Responsibility Lebih Dalam

2. Hindarilah sikap membandingkan diri kepada orang lain

Mulailah untuk selalu menghargai setiap pencapaian sekecil apapun yang telah dicapai oleh diri sendiri. Fokus kepada diri sendiri untuk tetap mengembangkan kemampuan yang ada pada diri sendiri.

Karena membandingkan diri sendiri hanya akan menurunkan kepercayaan diri Anda terhadap kemampuan diri sendiri.

3. Berkumpulah dengan lingkungan yang positif

Dengan memiliki lingkungan yang positif, akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan Anda karena naluri energi positif ataupun yang negatif sangat cepat menular kepada diri sendiri maupun orang lain.

Selain itu, mempunyai lingkungan positif juga akan membantu untuk mempunyai pola fikir yang lebih positif terhadap diri sendiri.

4. Membuat planning yang sekiranya akan dilakukan kedepannya

Dengan membuat planning, hidup Anda akan lebih terarah dan tidak kebingungan lagi apa yang sebaiknya harus Anda lakukan kedepannya. Cobalah untuk membuat target dalam jangka tertentu hal apa yang harus Anda raih.

Baca Juga  Peran Mahasiswa dalam Pendidikan Indonesia

5. Ceritakan tentang keluhan Anda kepada kerabat maupun sahabat

Menceritakan segala keluhan yang Anda alami juga hal yang penting, karena akan membuat suasana hati Anda lebih tenang dan lega. Maka dari itu, bersikaplah untuk lebih terbuka dengan siapapun yang Anda percaya untuk menceritakan segala keluh kesah Anda.

Itulah 5 hal yang bisa Anda lakukan ketika sedang mengalami fase quarter crisis life. Fokuslah kepada diri Anda sendiri untuk tetap mengembangkan segala kemampuan dan kelebihan yang ada pada diri sendiri.

Selain itu, Anda juga harus bersabar dalam menghadapi segala prosesnya. Karena bagaimanapun, segala sesuatu pasti ada prosesnya dan tidak ada sesuatu yang instan.

Baca Juga  5 situs untuk menyelesaikan skripsi

Percayalah bahwa akan ada masanya Anda melewati fase krisis ini dan akan mencapai segala apapun yang Anda impikan sebelumnya.

Image by Gerd Altmann from Pixabay


Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *