Pentingnya Mengenali dan Menggali Potensi Diri

Bagikan artikel ini

Terkadang kita sebagai manusia mudah merasa minder terhadap suatu pencapaian yang telah diraih orang lain. Terkadang pula kita berpikir bahwa banyak orang yang sudah meraih pencapaiannya, sedangkan kita belum tahu apa potensi diri apa yang dimiliki.

Mengenali potensi diri apa yang kita miliki memang tidak semudah dipikirkan. Setiap manusia pasti memiliki potensi diri, tetapi terkadang kita tidak menyadari jika kita memiliki potensi tersebut.

Mengenali dan mengembangkan potensi diri sangat penting karena sangat berpengaruh terhadap studi dan karier apa yang akan kita tempuh.

Dengan mengetahui potensi apa yang kita miliki, kita akan lebih siap dan berkembang untuk mengatasi segala tantangan dan akan mempunyai gambaran sekiranya karier apa yang akan kita tempuh di masa depan.

Namun, sebelum kita mencari tahu potensi diri apa yang kita miliki, sebaiknya kita harus mengenali diri sendiri terlebih dahulu lebih dalam. Dengan mengenali diri sendiri, kita akan lebih tahu apa yang sebenarnya kita sukai, kelebihan dan kekurangan apa yang kita miliki, tujuan apa yang ingin kita capai, dan sebagainya.

Baca Juga  Tips Sandiaga Uno Untuk UMKM Menang Lawan Corona

Karena pada saat Anda melakukan interview di sebuah perusahaan, HRD pastinya akan bertanya kekurangan dan kelebihan apa yang Anda miliki. Maka dari itu, mengenali diri sendiri sangat penting sebelum Anda mengenali potensi diri.

Dengan kita mengenali diri sendiri, perlahan-lahan kita akan tahu potensi apa yang sebenarnya kita miliki dan lebih menerima kekurangan dan kelebihan pada diri sendiri.

Kita juga harus menghargai sekecil apapun pencapaian yang telah kita raih. Hindarilah membandingkan diri sendiri kepada orang lain. Karena pada dasarnya kemampuan dan minat bakat seseorang pasti berbeda-beda.

Baca Juga  Pengusaha Muda Riezka Rahmatiana Sukses Memproduksi Kripik JamaNow

Fokuslah terhadap diri sendiri untuk mengembangkan potensi apa yang kita miliki. Karena sangat banyak manfaat yang akan Anda rasakan jika Anda telah memaksimalkan potensi diri Anda khususnya di dunia pekerjaan.

Sehingga Anda akan lebih berkembang dan akan meraih segala pencapaian-pencapaian yang Anda impikan sebelumnya. Maka dari itu, galilah potensi diri Anda dari sekarang!

Image by marcela_net from Pixabay


Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *