Dropship: Membuka Suatu Bisnis Tanpa Modal

Bagikan artikel ini

Terkadang, tidak adanya modal adalah sebuah hambatan mengapa bisnis Anda belum berjalan. Jika Anda berencana untuk membuka suatu bisnis tapi tidak memiliki modal, dropship mungkin bisa menjadi solusi Anda.

Dropship adalah suatu konsep bisnis yang membutuhkan supplier sekaligus dropshipper sebagai perantara berhasilnya transaksi bisnis Anda dengan konsumen Anda.

Dengan sistem dropship, modal yang Anda butuhkan hanyalah sebuah smartphone dan internet. Terdengar cukup praktis, bukan?

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk memulai bisnis berbasis dropship adalah mencari supplier sekaligus dropshipper. Perlu diingat bahwa carilah supplier yang memang benar-benar terpercaya dan memiliki kualitas produk yang unggul.

Setelah itu, entukan barang apa yang ingin Anda pasarkan. Setelah itu, tanya kepada supplier tersebut apakah ia membuka layanan dropship atau tidak. Selanjutnya, mintalah kesepakatan apakah foto produk supplier tersebut boleh dipajang di toko online Anda atau tidak.

Jika sudah deal dan sepakat, mulailah iklankan produk melalui instagram, tiktok, ataupun marketplace. Karena seiring berkembang dan luasnya teknologi dan pengguna internet, semakin banyak peluang yang bisa Anda lakukan untuk memasarkan bisnis Anda.

Baca Juga  OK OCE, Relawan Siaga, Glek.id dan PMI DKI Mengadakan Donor Darah Dalam Menghadapi Corona

Anda dapat memasang harga lebih tinggi dari harga yang ditetapkan oleh supplier Anda. Tetapi perlu diingat, harga yang Anda tentukan harus sesuai dengan harga pasaran dan kualitas produk tersebut.

Tentukan harga yang sekiranya tidak terlalu tinggi tetapi Anda tetap mendapatkan keuntungan dari penjualan tersebut.

Pasanglah foto dan keterangan semenarik dan selengkap mungkin agar para calon konsumen bisa tertarik dengan produk Anda.

Selain itu, responlah para calon konsumen secepat mungkin yang Anda bisa. Karena respon para penjual juga menentukan apakah para calon konsumen ingin membeli produk kita atau tidak.

Jika para konsumen sudah ada yang ingin membeli produk yang Anda iklankan dan sudah melakukan pembayaran, Anda dapat menghubungi supplier sekaligus dropshipper Anda.

Baca Juga  Indra Uno Memberikan Tips Agar UMKM Bangkit Dari Covid-19

Kirim foto produk mana yang konsumen Anda minati setelah itu beri alamat konsumen Anda kepada supplier Anda. Jangan lupa pula isi nama pengirim menjadi nama toko online Anda dan isi nomor telefon Anda.

Setelah itu, tunggu konfirmasi dari supplier Anda kapan barang tersebut bisa dikirim dan berikan kabar kepada para konsumen, karena komunikasi itu sangat penting dalam proses transaksi.

Jika barang sudah dikirim oleh supplier Anda, konsumen hanya tinggal menunggu barrang tersebut sampai ke rumah konsumen.

Nah, itu dia cara yang bisa Anda lakukan jika ingin membuka bisnis berbasis dropship. Memang terlihat cukup praktis karena tidak perlu modal untuk memulai suatu bisnis.

Tetapi, setiap bisnis pasti memiliki tantangan tersendiri dalam prosesnya. Maka dari itu, sebagai pebisnis Anda harus memiliki solusi-solusi dari segala tantangan yang akan dihadapi kedepannya.

Image by fancycrave1 from Pixabay

Baca Juga  Tips Sukses Jualan Online di Era Milenial

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *