Tingkatkan Keamanan dari Serangan Siber Karena WFH

Bagikan artikel ini

Jakarta – Pandemi COVID-19 memaksa banyak pegawai untuk bekerja dari rumah alias WFH. Kebijakan ini pun membuat instansi tempat kerja mereka rawan terkena serangan siber.

Saat menyampaikan prediksi keamanan siber 2021, Country Manager untuk Trend Micro Indonesia, Laksana Budiwiyono mengatakan jaringan rumah dan software yang digunakan untuk bekerja dari jarak jauh akan menjadi target serangan dari penjahat siber.
Hacker dan penjahat siber disebut lebih memilih kerentanan di layanan populer untuk melancarkan serangannya.

Pegawai yang sedang WFH dan harus mengakses informasi sensitif menggunakan layanan-layanan ini pun diimbau agar berhati-hati.
Bicara soal celah keamanan, Laksana mengatakan di tahun 2021 penjahat siber akan lebih sigap dalam mengeksploitasi celah yang baru saja ditemukan. Perusahaan pun dituntut untuk lebih cepat dalam menambal celah seperti ini.

Baca Juga  Tips Agar Websitemu Cepat Selesai

Selain itu, perusahaan diminta untuk mempertahankan kontrol akses yang ketat, baik untuk jaringan perusahaan atau jaringan rumah. Laksana juga menekankan pentingnya perusahaan memegang prinsip zero trust.

Tidak hanya mengandalkan teknologi dan infrastruktur keamanan, perusahaan juga diminta untuk mengedukasi pegawainya agar tidak sampai menjadi korban serangan siber. Apalagi saat ini serangan lewat email spam masih tinggi.

Baca Juga  Tes swab corona pakai robot

Sumber Gambar : Freepik


Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *