Peran Mahasiswa dalam Pendidikan Indonesia

Bagikan artikel ini

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Indonesia telah merdeka sejak 75 tahun yang lalu. Sudah banyak kemajuan dan pencapaian yang sudah dicapai oleh negara kami, negara Indonesia.

Kemajuan tersebut sudah kita rasakan di berbagai bidang, seperti pendidikan, ekonomi, politik, dan sebagainya.

Walaupun kita sudah merasakan berbagai kemajuan yang sudah dicapai oleh negara Indonesia, kita sebagai warga negara khususnya para mahasiswa harus tetap waspada dan mengantisipasi jika akan terjadi masalah-masalah baru di masa yang akan datang khususnya di bidang pendidikan.

Sebagai kaum intelektual dan penggerak kemajuan, negara Indonesia membutuhkan peran mahasiswa khususnya di bidang pendidikan di era revolusi industri saat ini, maupun era revolusi industri yang akan datang.

Oleh karena itu, sudah bukan saatnya mahasiswa tutup telinga, namun sudah saatnya para mahasiswa memikirkan solusi dari persoalan terkait masalah pendidikan di negara kita.

Karena mahasiswa sangat berperan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di negara Indonesia. Selain sebagai kaum intelektual dan penggerak kemajuan, mahasiswa disebut juga sebagai Agent of Change.

Maka dari itu, sebagai para mahasiswa harus membawa perubahan ke arah yang lebih baik dan bermanfaat untuk membantu mencerdaskan anak bangsa baik dalam bidang akademik, maupun dalam pembentukan karakter.

Baca Juga  Indra Uno : OK OCE Fokus Tekan Pengangguran Di Indonesia

Contohnya, hal yang bisa dilakukan oleh mahasiswa yaitu dengan mendirikan yayasan pendidikan informal supaya anak-anak yang kurang mampu dapat merasakan pendidikan layak seperti anak-anak seumurannya.

Hal lain yang dapat dilakukan mahasiswa terkait pendidikan di negara ini yaitu, walaupun para mahasiswa belum dapat memberikan keputusan terkait kebijakan mengenai pendidikan, tetapi mahasiswa dapat menyuarakan pendapat dan aspirasinya kepada pihak yang terkait.

Sebagai generasi muda, para mahasiswa tidak boleh ragu atau sungkan untuk menyuarakan aspirasi dan pendapatnya kepada pihak terkait.

Sehingga komunikasi antara para pemerintah, mahasiswa, dan para rakyat tetap terjalin dengan baik sehingga dapat menemukan solusi yang tepat untuk masalah pendidikan di negara ini.

Baca Juga  Pentingnya Menguasai Bahasa Inggris dalam Era Globalisasi

Mempersiapkan diri sebaik mungkin juga salah satu peran mahasiswa untuk meningkatkan kualitas bangsa. Karena mahasiswa adalah generasi penerus bangsa yang akan bertugas di kemudian hari.

Dengan memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, masa depan bangsa ini juga akan lebih baik. Para mahasiswa harus ikut menyadari dan berkontribusi dalam segala masalah pendidikan di Indonesia.

Karena bagaimanapun itu, pendidikan sangat penting untuk keberlangsungan hidup setiap individu maupun sebagai kemajuan negara Indonesia.

Dengan adanya pendidikan, setiap individu akan mendapatkan ilmu yang sangat berguna untuk dirinya, keluarga, maupun orang sekitarnya. Selain itu, pendidikan juga sangat berguna untuk membangun karakter bangsa.

Sebagai mahasiswa harus benar-benar siap dan peduli untuk menghadapi segala permasalahan pendidikan di masa sekarang, maupun di era revolusi industri yang akan datang.

Image by StockSnap from Pixabay


Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *