Meningkatkan Karier dengan Meningkatkan Soft Skill

Bagikan artikel ini

Soft skill sangat berperan penting bagi Anda yang akan bersaing di dunia kerja. Lantas, apakah soft skill itu? Soft skill adalah suatu kelebihan atau bakat non akademik yang berhubungan dengan cara berinteraksi dan kepribadian seseorang.

Biasanya, kemampuan ini sudah dimiliki oleh seseorang dari mereka sejak dini dikarenakan pengaruh dari lingkungan sekitarnya. Tetapi, bisa juga kemampuan ini dimiliki karena seseorang memang ingin mengembangkan kemampuan yang ada pada dirinya.

Dengan Anda memiliki soft skill, Anda akan lebih siap untuk bersaing di tengah-tengah ketatnya persaingan di dunia kerja. Karena dalam dunia pekerjaan, memiliki kemampuan akademik saja tidak cukup untuk bersaing.

Namun, dibutuhkan pula kemampuan soft skill dikarenakan perusahaan akan mempertimbangkan kemampuan tersebut dalam merekrut para karyawan baru.

Baca Juga  Ini Saran Sandiaga Agar UMKM Mampu Antisipasi Resesi

Contoh soft skill yang biasanya seseorang miliki yaitu meliputi, public speaking, leadership, kemampuan berbahasa asing, mampu berkolaborasi dengan team, dan sebagainya. Soft skill sangat berhubungan dengan cara kita berinteraksi dengan orang.

Maka dari itu, memperbanyak relasi juga dapat membantu kita dalam meningkatkan soft skill.

Selain itu, mendaftarkan diri ke beberapa organisasi atau menjadi relawan, menghadiri acara seminar, dan menemukan pembimbing yang sekiranya dapat membimbing kita dalam meningkatkan soft skill juga hal yang bisa kita terapkan untuk meningkatkan kemampuan ini.

Faktor kesuksesan tidak hanya diraih dengan kemampuan akademik atau kemampuan hard skill. Tetapi, harus dilengkapi oleh soft skill karena di dalam dunia pekerjaan Anda akan dihadapi oleh berbagai macam masalah yang harus diselesaikan di luar dengan kemampuan akademik.

Soft skill juga dapat meningkatkan rasa profesionalitas Anda di dalam dunia pekerjaan. Anda akan merasakan manfaat dari memiliki soft skill terhadap bekal perkembangan Anda dalam karier di masa yang akan datang.

Baca Juga  Inspirasi Ide Kerja Sampingan yang Cocok Untuk Karyawan Saat Pandemi

Tetapi, perlu diingat bahwa memiliki etika dan sopan santun juga lebih penting daripada ilmu. Karena bagaimanapun, orang lain akan lebih memilih seseorang yang mempunyai etika yang baik dengan kemampuan yang biasa saja tetapi ingin berkembang.

Image by Free-Photos from Pixabay


Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *