Mengenal Corporate Social Responsibility Lebih Dalam

Bagikan artikel ini

Jika Anda sudah memiliki pengalaman bekerja di perusahaan pasti sudah tidak asing lagi dengan Corporate Social Responsibility (CSR) atau bisa disebut dengan tanggung jawab sosial.

CSR adalah tanggung jawab perusahaan yang diberikan kepada pemangku kepentingan perusahaan tersebut yang bertujuan untuk memberikan manfaat dalam beberapa aspek bagi para stakeholders/pemangku kepentingannya.

Lantas, siapa saja para pemangku kepentingan di suatu perusahaan? Pemangku kepentingan di suatu perusahaan antara lain, yaitu para pelanggan, investor, karyawan, komunitas lokal, dan lingkungan tempat perusahaan tersebut berdiri.

Perusahaan tidak boleh hanya memikirkan profit untuk kepentingan perusahaan itu sendiri saja, tetapi harus memberikan manfaat terhadap stakeholders, lingkungan sekitar, dan para pelanggannya.

Contoh CSR yang dapat dilakukan oleh perusahaan antara lain dengan cara memberikan beasiswa kepada anak para karyawan, memberikan dana kepada lingkungan sekitar, menyalurkan sumbangan kepada masyarakat yang terkena musibah berupa pakaian, makanan, pengobatan, dan sebagainya.

Baca Juga  Sandiaga : Ujung-ujungnya Manusia atau Ujung-Ujungnya Duit?

Seringkali CSR disalahartikan hanya sebagai sumbangan yang dilakukan perusahaan terhadap pemangku kepentingannya. Padahal, jika kita menelusuri CSR lebih dalam, CSR lebih dari hanya sekadar sumbangan.

Perusahaan memang belum merasakan dampak positif dari CSR dalam jangka pendek. Tetapi, CSR merupakan suatu strategi bisnis yang profitnya akan dirasakan pada perusahaan tersebut dalam jangka panjang.

Selain CSR akan memberikan profit di jangka panjang bagi perusahaan, keberadaan perusahaan yang melakukan CSR akan lebih diterima oleh masyarakat sekitar dan dengan CSR dapat mempererat hubungan perusahaan itu sendiri dengan para stakeholdersnya.

CSR tidak hanya boleh dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar saja, melainkan CSR juga dapat dilakukan oleh bisnis kecil. Dimulai dari hal kecil yaitu dengan cara memperdulikan lingkungan sekitar tempat seseorang berbisnis.

Baca Juga  Membangun Website Mobile Friendly, Cara Jitu Interprener Berkembang

Misalnya dengan membuang sampah dari hasil produksi dari bisnis tersebut pada tempatnya, mencegah penggunaan plastik dan sedotan.

Lakukanlah program CSR yang tidak hanya bermanfaat untuk perusahaan dan stakeholdersnya saja. Tetapi, bumi kita juga harus merasakan manfaat dari perusahaan atau bisnis kecil yang Anda bangun. 

Image by Free-Photos from Pixabay


Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *