Mengatasi Ketakutan dalam Mencoba Hal Baru

Bagikan artikel ini

Terkadang kita dihantui oleh rasa ketakutan dalam hal baru yang sebenarnya ingin kita coba. Padahal, dengan mencoba hal baru sama saja kita melatih diri untuk berkembang dan memperluas pengetahuan kita.

Keluar dari zona nyaman memang hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Karena kita sibuk memikirkan apa risiko yang akan kita hadapi jika kita keluar dari zona nyaman.

Tidak ada salahnya kita mencoba hal baru. Jika kita merasa gagal dalam mencoba hal baru, kita dapat mencobanya kembali. Karena pada dasarnya seseorang akan mengalami kesuksesan jika ia ada kemauan untuk mencoba dan terus belajar.

Mulailah mencoba hal baru dengan hal yang sederhana dan manfaatkan segala sesuatu yang ada di sekitar Anda. Misalnya, jika Anda ingin memulai menjadi seorang Youtuber, Anda sibuk memikirkan bahwa Anda tidak memiliki peralatan yang cukup lengkap untuk memulai.

Baca Juga  Joko Darmono Rintis Usaha Angkringan Modal 400 Ribu

Padahal, Anda bisa memulai dengan apa yang sudah Anda punya misalkan hanya dengan ponsel.

Contoh lain yaitu jika Anda ingin membangun sebuah bisnis tetapi Anda terlalu memikirkan bahwa Anda tidak memiliki modal sama sekali sehingga Anda tidak bisa memulainya.

Padahal, Anda tetap bisa membangun sebuah bisnis tanpa modal, yaitu dengan sistem dropship. Selalu ada solusi dan jalan jika Anda memiliki niat dan tekad dalam mencoba hal baru yang ingin dicoba.

Memiliki niat dan tekad yang kuat adalah kunci dari segalanya. Dengan adanya niat dan tekad, kita akan lebih mudah dalam menjalani hal baru yang ingin kita coba.

Baca Juga  Dee Lestari Luncurkan Buku Terbaru Tentang Perjuangan Pelaku UMKM

Tidak masalah untuk mencoba secara bertahap, karena sekecil tahapan yang kita lakukan tetap disebut dengan proses.

Mengalami ketakutan dan kecemasan dalam mencoba hal baru memang hal yang wajar, tetapi kita sebagai manusia harus berani untuk menghadapi segala ketakutan yang kita pikirkan.

Jika kita masih tetap stuck dalam zona nyaman, lalu bagaimana cara kita berkembang dan meningkatkan potensi diri?  Maka dari itu, cobalah untuk mencoba hal baru dari sekarang dari hal yang sesederhana mungkin!

Image by Hamed Mehrnik from Pixabay


Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *