Manajemen Waktu Secara Efektif

Bagikan artikel ini

Seringkali kita kewalahan dalam mengatur waktu untuk mencapai produktivitas yang efisien. Maka dari itu, kita perlu mengatur waktu sehingga semua kegiatan yang harus dikerjakan dapat tercapai.

Dengan kita  memanajemen waktu secara efektif, segala kegiatan dan target yang sudah kita rencanakan dapat dikerjakan secara teratur dan dapat diselesaikan tepat waktu.

Jika kita dapat menyelesaikan tugas tepat waktu, semakin banyak pula waktu luang yang dapat kita nikmati.

Berikut adalah tips untuk mengatur waktu secara efektif:

  1. Buatlah to-do list harian

Dalam satu hari pastinya Anda akan melaksanakan beberapa macam kegiatan. Membuat to-do list sangatlah penting karena Anda akan mengetahui apa yang akan dikerjakan pada hari itu. Jika satu kegiatan sudah dikerjakan, Anda bisa check list bagian mana yang sudah dikerjakan.

  • Tentukan skala prioritas
Baca Juga  Peluang Usaha Air Mineral Berlabel OK OCE

Kita bisa menentukan kegiatan apa yang benar-benar dekat dengan deadline supaya kita dapat mengerjakan pekerjaan tersebut terlebih dahulu. Sehingga, kegiatan yang lain secara tidak langsung akan ikut terselesaikan sesuai dengan jangka waktu yang sudah ditentukan.

  • Membuat target terhadap setiap kegiatan

Dengan membuat target, kita tidak akan merasa waktu kita habis terbuang pada satu kegiatan saja. Misalnya, untuk kegiatan pertama Anda membuat target harus dapat diselesaikan dalam 2 jam, begitupun selanjutnya. Buatlah target waktu yang sekiranya Anda mampu untuk menyelesaikannya.

  •  Jangan sepelekan/menunda hal kecil

Jika Anda mempunyai waktu luang, gunakanlah waktu Anda sebaik mungkin untuk mengerjakan hal yang kecil. Karena jika dibiarkan, hal kecil yang ditunda-tunda akan menjadi menumpuk. Jika sudah menumpuk, dikhawatirkan bagi Anda sudah tidak mempunyai waktu untuk mengerjakannya lagi.

Baca Juga  Menambah Jumlah Viewers untuk Youtuber

Jika Anda sudah mencapai target produktivitas yang Anda tentukan, janganlah lupa untuk beristirahat sejenak. Karena beristirahat sangat penting agar kita mempunyai semangat dalam mengerjakan kegiatan yang berikutnya.

Gunakanlah hari libur Anda sebaik mungkin untuk istirahat. Misalnya, dengan tidur yang cukup, berlibur keluar kota, atau sekadar berjalan-jalan ke mall dapat membantu Anda merilekskan pikiran dari segala kegiatan yang sangat melelahkan.

Image by Gerd Altmann from Pixabay


Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *