Ingin Sukses? Tingkatkan Kemampuan Public Speaking

Bagikan artikel ini

Salah satu penyebab kita tidak berani berbicara di depan umum yaitu adalah tidak percaya diri. Karena kurangnya percaya diri, terkadang disaat kita ingin melakukan presentasi atau berbicara di depan umum, munculnya gejala-gejala demam panggung.

Misalnya, seperti jantung berdebar kencang, keringat dingin, mual, dan lain-lain. Namun, kita harus berani melawan hal yang kita takuti karena bagaimana pun di zaman era globalisasi ini, kemampuan public speaking sangat diperlukan.

Dengan kita menguasai public speaking, sangatlah berpengaruh untuk Anda mendapatkan pekerjaan, memperbanyak relasi, dan dapat membangun perspektif orang lain terhadap suatu permasalahan.

Dibawah ini adalah beberapa contoh yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan Anda berbicara di depan umum:

  1. Tingkatkan kepercayaan diri Anda

Anda harus percaya bahwa Anda mampu melakukannya. Tanamkanlah sikap kepercayaan diri Anda dengan cara menerima segala kekurangan yang Anda miliki. Selain itu, janganlah dengarkan perkataan orang yang bersifat negatif karena itu akan menurunkan rasa kepercayaan diri Anda.

  • Berlatihlah di depan cermin
Baca Juga  Quarter Life Crisis: Cara Menghadapi dan Menanganinya

Walaupun terdengar sepele, tetapi hal ini sangat berguna dalam meningkatkan kemampuan bicara Anda. Anda dapat menilai diri sendiri apa yang harus diperbaiki, berlatih menyesuaikan intonasi dan mimik wajah yang seharusnya akan ditampilan, dan sebagainya. Karena dengan menggunakan intonasi dan mimik wajah yang tepat, akan  lebih menarik perhatian para audiens yang mendengarkan.

  • Kuasai materi yang akan disampaikan

Tentunya sebelum kita melakukan presentasi, kita harus menyiapkan materi supaya kita tidak merasa kebingungan apa yang harus disampaikan. Tetapi, perlu dipastikan bahwa materi yang Anda sampaikan mudah dimengerti supaya para audiens dapat paham dan tidak merasa kebingungan tentang apa yang Anda sampaikan.

  • Menonton video inspirasi public speaking

Hal ini termasuk hal yang penting karena semakin sering Anda mengamati bagaimana seseorang berbicara di depan umum, Anda secara tidak langsung akan mengikuti cara narasumber yang ada di video tersebut berbicara, Anda dapat mempraktikannya langsung secara personal untuk meningkatkan kemampuan berbicara Anda di depan umum.

  • Berlatihlah secara langsung
Baca Juga  Meningkatkan Karier dengan Meningkatkan Soft Skill

Cobalah memulai dengan berlatih secara langsung meskipun hanya di lingkungan sekitar Anda. Misalnya, dengan mengajukan diri untuk presentasi di depan kelas, bercerita tentang apa yang Anda alami, mengedukasi orang-orang sekitar Anda, dan sebagainya. Karena walaupun dimulai dari hal kecil dan semakin kita belajar hasilnya akan menjadi memuaskan dan tidak ada yang sia-sia.

Itulah cara-cara yang bisa Anda terapkan untuk menguasai public speaking. Karena public speaking adalah suatu softskill yang akan berguna untuk Anda kedepannya dan dapat dipakai kapan saja. Semakin sering Anda berlatih, semakin banyak manfaat yang akan Anda raih untuk berbicara di depan umum nanti.

Image by Dean Moriarty from Pixabay


Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *