Pentingkah Membuat Business Plan?

Bagikan artikel ini

Membangun sebuah bisnis memang tidak semudah yang dipikirkan. Untuk mempermudah kita dalam membangun dan menjalankan bisnis, penting untuk Anda membuat business plan.

Apa itu business plan? Business plan adalah suatu rencana bisnis secara tertulis untuk merangkai masa depan bisnis dan apa yang akan Anda rencanakan untuk bisnis Anda kedepannya.

Dengan adanya rencana bisnis ini, kita akan mengetahui tujuan dan goals terhadap bisnis Anda dalam kurun waktu yang ditentukan.

Berikut ini adalah alasan mengapa kita perlu membuat bussines plan:

  1. Agar kita mempunyai gambaran berapa banyak dana yang dikeluarkan

Sebagai pemula dalam hal bisnis, kita perlu mengetahui berapa dana yang dikeluarkan untuk modal bisnis. Maka dari itu, kita perlu menganalisis kebutuhan modal tsb dalam rencana bisnis. Selain itu, kita juga dapat menuliskan untuk apa dana itu dikeluarkan, darimana dana itu berasal, dll.

  • Memudahkan pengajuan pinjaman dana ke investor
Baca Juga  Memulai Bisnis Setelah Lulus Kuliah, Peluang Sekaligus Tantangan!

Jika kita tidak mempunyai dana sama sekali untuk memulai bisnis, rencana bisnis ini sangat diperlukan untuk mengajukan pinjaman dana ke investor. Karena investor tersebut akan menanyakan secara detail tentang bisnis yang akan kita bangun.

  • Memudahkan Anda untuk mengatur strategi usaha

Seorang pebisnis diperlukan untuk mengatur strategi pada usahanya. Karena dengan adanya strategi, Anda akan tahu cara memanejemen bisnis Anda dengan baik. Entah dari segi produknya, bagaimana cara Anda berpromosi, target pasarnya, harga yang terbaik, dll.

Lalu, apa yang seharusnya ada dalam dalam rencana bisnis?

  1. Buatlah Rangkuman Eksekutif

Dalam pembuatan rencana bisnis, hal yang perlu Anda buat adalah rangkuman ekskutif. Di kolom ini, Anda dapat menuliskan secara singkat tentang semua ide rencana bisnismu. Selain menuliskan ide rencana bisnis, dibagian ini Anda juga bisa menambahkan visi dan misi dari bisnis Anda

  • Deskripsikan produk yang akan Anda produksi
Baca Juga  Cara Meningkatkan Omset Toko Kelontong Tanpa Modal Besar

Sebelum memulai suatu bisnis, kita harus mengetahui apa produk yang ingin diproduksi. Di kolom ini, Anda bisa menuliskan secara detail deskripsi dari produk Anda, keunikan yang dimiliki oleh produk tersebut, dan bagaimana proses Anda bisa mendapatkan produk tersebut untuk dipasarkan

  • Menyusun Strategi Marketing

Membuat strategi marketing adalah salah satu hal yang penting dalam membangun bisnis. Anda dapat menjelaskan bagaimana strategi Anda untuk mempromosikan produk tersebut di dalam kolom ini. Contohnya seperti dengan promosi melalui sosial media, mengiklankan produk Anda melalui market place, mempromosikan dari mulut ke mulut.

  • Analisa keuangan yang akan dikeluarkan

Menganalisasi keuangan yang dibutuhkan sangatlah penting dalam membuat bussines plan. Karena kita akan mendapatkan gambaran tentang berapa uang yang akan dibutuhkan, laba-rugi yang akan kita alami, dan untuk apa saja dana tersebut dikeluarkan.

Terkadang, membuat rencana bisnis adalah faktor yang sering diabaikan. Tetapi, rencana bisnis sangat berguna untuk masa depan usaha Anda kedepannya. Maka dari itu, sebelum memulai usaha, Anda diperlukan untuk membuat rencana bisnis.

Baca Juga  Strategi Marketing Online dalam Menghadapi Persaingan Berbisnis

Image by Firmbee from Pixabay


Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *