Apakah Seorang Pebisnis Harus Mempunyai Etika?

Bagikan artikel ini

Kadang sering kita mengabaikan tentang sikap dalam interaksi di setiap kegiatan, salah satunya adalah sikap etika dalam berbisnis. Setiap pebisnis harus memiliki etika dalam bersikap, karena seorang pebisnis itu akan mendapat yang namanya persaingan.

Jika tidak ada etika persaingan bisnis menjadi tidak stabil dan akan ada banyak pihak yang dirugikan karena persaingan tersebut.

Untuk itu jika Anda akan terjun dalam dunia bisnis, sebaiknya mempunyai etika jika berhadapan dengan pesaing yang di depan mata agar dapat bersaing secara positif.

Kita ketahui dahulu mengenai pengertian dari etika, adalah suatu aturan yang dipakai sebagai pedoman dalam kehidupan bermasyarakat seseorang terkait perilaku baik dan buruk. Etika ini bisa dikembangkan dalam dunia persaingan bisnis.

Dalam berbisnis kita harus memiliki tujuan yang jelas seperti yang tercantum dalam rencana pembukaan awal bisnis, yaitu : 

  • memberikan kesadaran akan perilaku dan moral kepada pemilik bisnis agar menjalankan bisnisnya dengan baik.
  • Perilaku etika bisnis dapat dijadikan panduan untuk mengatur dan mengarahkan kepada para pelaku bisnis untuk mewujudkan sebuah managemen bisnis  menjadi lebih baik. sehingga orang bisa percaya bahwa bisnis  kita memiliki etika yang baik.
  • Dengan memiliki etika berbisnis, apa yang sudah direncanakan dari awal akan membawa perubahan citra yang lebih dipercaya.
Baca Juga  Parade Wirausaha Digital 7 TOP: Peluang Usaha dan Lapangan Kerja di Indonesia

Apakah manfaat yang didapat dalam Etika Bisnis?

Setelah menjalankan etika bisnis dengan benar, akan ada manfaat baik yang didapatkan untuk bisnis kita, seperti:

  • Tercipta hubungan baik antara pebisnis dan konsumen
  • Kredibilitas perusahaan meningkat
  • Citra yang baik bagi konsumen terhadap bisnis kita
  • Bisnis akan berjalan secara aman dan nyaman
  • Pimpinan dan pegawai akan mempunyai ikatan hubungan yang sangat baik

Contoh Etika Bisnis

Untuk contoh etika yang akan saya tampilkan adalah mengenai usaha bisnis minuman kekinian yang saat ini sedang meningkat pelaku usahanya. Banyak beragam variasi minuman yang ditawarkan sehingga pembeli bisa memilih sesuai dengan seleranya. Jika pelaku usaha minuman kekinian ini mempunyai ide kreatif untuk mengembangkan usahanya, maka hal ini tidak disebut dengan melanggar etika.

Baca Juga  Cara Promosi Jualan Online Untuk Tingkatkan Penjualan

Ini merupakan inovasi dalam berbisnis sehingga mempunyai karakteristik yang berbeda dengan pesaing usaha sejenis. Inovasi ini bisa dilihat dari rasa, kemasan ataupun bahan baku tambahan lainnya yang disiapkan.

Strategi Pelaku Usaha Dalam Meningkatkan Penjualan

  1. Bersikap ramah : siapapun konsumen yang datang kepada kita, tetaplah disambut dengan baik tanpa dibeda-bedakan.
  2. Bersikap sopan : Agar mendapatkan kesan yang baik kepada konsumen, usahakan bersikap sopan dan santun. Kesan pertama ini nantinya akan selalu diingat oleh konsumen
  3. Berikan Informasi secara Detail dan Lengkap :  Calon konsumen tentunya akan tertarik membeli sebuah produk atau memutuskan menggunakan jasa yang ditawarkan jika terdapat informasi yang cukup jelas di dalamnya.
  4. Lakukan Survei dalam Kurun Waktu Tertentu : Survei menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk mengetahui pendapat orang lain mengenai produk atau layanan yang kita tawarkan. Melalui sebuah survei, nantinya kita bisa mengetahui kondisi sesungguhnya yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen.
Baca Juga  Mengenal Corporate Social Responsibility Lebih Dalam

Image by Steve Buissinne from Pixabay


Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *