Indra Uno: Mengembangkan Pengetahuan Kewirausahaan Melalui Pelatihan dan Pendampingan pada Generasi Muda

Bagikan artikel ini

Malang—Indra Uno, Pendiri OK OCE Indonesia, turut serta menjadi salah satu pemateri dalam rangkaian kegiatan webinar Brawijaya Entrepreneur Festival 2020 (BEF 2020) yang diselenggarakan oleh UKM Mahasiswa Wirausaha Universitas Brawijaya pada Sabtu, 31 Oktober 2020.

Dalam kegiatan webinar kali ini, Indra menyampaikan tentang pentingnya mengembangkan pengetahuan kewirausahaan bagi kalangan mahasiswa. Mengutip data BPS RI (2020), Indonesia berada pada posisi pertama dalam angka pengangguran muda di ASEAN yakni sebanyak 1.07 juta pemuda di tahun 2018. Dari data tersebut didapatkan bahwa lulusan pendidikan tinggi tidak menjamin kepastian kerja, sehingga salah satu solusi untuk mengatasi pengangguran muda adalah dengan memulai wirausaha.

Wirausaha bisa dimulai dengan mengikuti pelatihan dan pendampingan usaha, kemudian mengembangkan pengetahuan tersebut untuk membuka usaha dan mendapat penghasilan sehingga bisa terhindar dari ancaman pengangguran karena sudah bisa membuka lapangan pekerjaan bagi diri sendiri, maupun bagi orang lain di sekitarnya.

Baca Juga  Indra Uno Memberikan Tips Agar UMKM Bangkit Dari Covid-19

Indra menekankan pelatihan dan pendampingan merupakan salah satu tahapan utama yang diberikan OK OCE Indonesia kepada para anggota komunitas. Melalui tahapan tersebut, bisnis pemula akan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru yang akan mengarahkan mereka untuk mengelola bisnis dengan baik.

“Salah satu yang bisa kita manfaatkan, sebenarnya sudah ada ditangan kita. Kontak yang ada di HP kita ini, bisa menjadi faktor penting yang sering saya sebut sebagai “The Power of Silaturahmi”. Jadi ketika kita ingin menjalin hubungan dengan pelanggan, distributor, maupun yang lainnya kita bisa hubungi mereka secara personal. Itu akan lebih baik daripada mengirimkan pesan lewat WA blast.” ucap Indra dalam sesi tanya jawab.

Baca Juga  Tingkatkan Bisnis Kuliner UMKM dengan Transformasi Digital

Indra juga menambahkan pesan bahwa pemuda Indonesia harus bisa merdeka secara finansial dengan menciptakan lapangan kerja, bukan lagi menjadi pencari kerja.


Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *