Peringatan Rebo Wekasan di Akhir Bulan Safar

Bagikan artikel ini

Rebo Wekasan atau lebih dikenal dengan Rabu pungkasan merupakan hari Rabu terakhir di bulan Safar. Bulan ini terdapat di kalender lunar versi Jawa. Peringatan Rebo Wekasan biasanya diisi dengan berbagai kegiatan. Seperti tahlilan atau dzikir bersama warga masyarakat.

Peringatan Rebo Wekasan di Akhir Bulan Safar
pinterest.co.uk

Peringatan Rebo Wekasan

Awalnya Rebo pungkasan merupakan upacara adat tradisional yang dilakukan dalam tempuran Gajah Wong serta Opak. Hal ini berdasarkan mitos Sultan Agung yang adakan pertemuan sang penguasa pantai selatan Kanjeng Ratu Kidul.

Pada kitab Al-Jawahir al-Khoms, Syekh Kamil Fariduddin as-Syukarjanji pada halaman 5 terdapat peringatan bahwa pada tiap tahun hari Rabu terakhir di bulan Safar. Pada bulan ini Allah akan menurunkan 320.000 bala bencana ke muka bumi.

Baca Juga  Pemkab Luwu Gelar Pekan UMKM Guna Pulihkan Perekonomian Nasional

Hari Rabu terakhir di bulan Safar akan menjadi satu hari yang sangat sulit di antara hari-hari dalam satu tahun. Amalan pada bulan ini adalah untuk melakukan sholat sebanyak 4 rakaat.

Sebagian masyarakat Indonesia masih mempercayai bahwa Rabu terakhir di bulan Safar adalah hari sial. Hal ini menyebabkan bangsa Indonesia melakukan ritual untuk menolak bala. Bentuk ritual ini biasanya diwujudkan dengan sholat, berdoa dengan khusyuk, selamatan, sedekah, dan lain sebagainya.

Amalan Rabu Pungkasan

Seperti penjelasan di atas ketika sedang memperingati hari Rabu pungkasan ini dianjurkan untuk melakukan sholat 4 rakaat. Waktu yang tepat bisa di pagi hari atau sehabis sholat maghrib.

Baca Juga  Wisata Sawah Desa Pematang Johar Tumbuhkan Perekonomian

Solat yang dilakukan dinilai dengan sholat mutlak. Setiap raka’at ketika sedang melakukan sholat adalah membaca Al-Fatihah sekali, surat Al-Kautsar sebanyak 17 kali, surat Al-Ikhlas 5 kali, Al-Falaq sekali, dan Annas sekali.

Setelah rangkaian selesai, maka segera salam dan membaca do’a. Sholat ini dilakukan secara munfarid namun dikerjakan di tempat yang sama.

Tahun ini peringatan Rebo Wekasan jatuh pada tanggal 14 Oktober 2020. Paling tidak bisa melakukan serangkaian upacara adat bersama orang-orang terdekat.


Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *