Analisa Angka Pengangguran Meningkat Ala Sandiaga Uno

Bagikan artikel ini

Sandiaga Uno sebagai ahli politikus yang memiliki pendidikan tinggi pernah mengatakan dan membahas bagaimana cara mengatasi pengangguran di Indonesia. Padahal angka pengangguran meningkat tiap tahunnya.

Menurut Sandiaga, jumlah meningkatnya pengangguran ini didominasi lulusan SMK yang masih sulit dalam mencari pekerjaan. Hal ini juga dikarenakan adanya ketidakselarasan antara kurikulum pendidikan dengan kebutuhan bidang usaha.

Analisa Angka Pengangguran Meningkat Ala Sandiaga Uno
konfrontasi.com

Analisa Angka Pengangguran Meningkat

Dari hasil analisa yang dilakukan Sandiaga, kebanyakan keluhan diberikan pada anak-anak lulusan SMK yang banyak menganggur. Hal ini karena tidak ada terkaitannya antara skill dan industri.

Sandiaga mengklaim dengan adanya program Ok Oce mampu mengatasi hal ini. Namun, adanya UMKM di Indonesia yang identik dengan tingkat pendidikan yang rendah, bukan berarti solusi yang utama.

Baca Juga  Jawara Depok Siap Kolaborasi dengan Sandiaga Uno Bangkitkan Ekonomi kreatif

Sandiaga memberikan beberapa materi seputar kewirausahaan kepada ratusan siswa di sekolah kejuruan. Hal ini pernah dilakukan ketika berkunjung di gedung SMK 51 Jakarta. Para siswa menyambut dengan riang gembira dan penuh antusias.

Ada beberapa macam produksi hasil karya siswa-siswi yang ditampilkan saat itu. Tidak hanya di bidang kuliner saja, namun hasil kreatifitas siswa juga ikut dipamerkan.

Cara Mengatasi Pengangguran

Sandiaga berkata jika sebenarnya dari segi kualitas tenaga kerja Indonesia memiliki unit usaha yang lebih besar. Tidak hanya itu saja, sistem upah pada perusahaan besar pun juga cukup baik.

Jika perbandingan dengan negara lain data bank dunia, struktur ekonomi Indonesia oleh jumlah UMKM lebih besar daripada usaha lainnya. Solusi yang tepat yaitu dengan mengutamakan pendidikan dengan skill yang sama dengan bidang usaha.

Baca Juga  Di Foto Jadul 3 Sahabat Jadi Menteri Jokowi, Ternyata Ada Kakak Sandiaga Uno

Selain itu, pemerintah juga harus bisa menanggapi masalah ini dengan lebih serius. Mengatasi angka pengangguran meningkat dengan memperbaiki tenaga kerja yang belum efisien dan kompetitif. Ini yang disampaikan Sandiaga Uno.


Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *