Jaringan 5G, Teknologi Terbaru dalam Dunia Seluler

Bagikan artikel ini

Jaringan 5G merupakan pengembangan dari teknologi sebelumnya dengan menyajikan koneksi internet lebih cepat. Di tahun ini diperkirakan pemanfaatan teknologi 5G akan semakin meluas. Provider-provider jaringan seluler di Indonesia pun mulai berlomba-lomba mengembangkan jaringan ini.

Jaringan 5G, Teknologi Terbaru dalam Dunia Seluler
sigmatelecom.com

Teknologi Jaringan 5G

5G atau bisa juga disebut fifth generation (generasi kelima) merupakan teknologi terbaru untuk telekomunikasi yang melebihi standar 4G. Dalam jaringan terbaru ini diperkirakan memiliki kecepatan hingga tiga kali lipat dari generasi sebelumnya.

Sebelumnya terdapat beberapa jenis jaringan, yaitu 1G yang bisa mengantarkan suara analog. Kemudian 2G dengan memperkenalkan suara digital, 3G yang membawa kita pada data mobile, serta 4G LTE pada era mobile internet. Teknologi 5G ini perkembangannya tidak hanya pada perangkat telekomunikasi sama, namun bisa menjangkau hingga beberapa perangkat.

Baca Juga  Bincang Kolaborasi Bisnis Penggerak OK OCE Bersama TokoIG.com

Jaringan data super cepat ini juga memberi penggunanya kenyamanan dan kemudahan dalam melakukan transaksi lewat jaringan seluler. Saat jaringan jadi kian cepat bekerja, maka hal ini juga tingkatkan efektifitas ruang dalam menjalankan usaha.

Peningkatan bandwidth akan memungkinkan robot, mesin, serta kendaraan otonom untuk mengumpulkan dan mentransfer lebih banyak data dari sebelumnya. Hal ini mengarah pada kemajuan di bidang Internet of Things (IoT) dan mesin pintar.

Target Pengembangan 5G

Teknologi 5G ini akan lebih cepat daripada generasi sebelumnya yaitu 4G. Mampu menghantarkan 20 Gigabit per second pada titik tertingginya. Lalu 100 Megabit per second pada titik rata-ratanya.

Kemudian mampu mengurangi latency (interval antara pengirim dan penerima). 5G akan mengurangi tingkat latency untuk mengantarkan secara instan dan real-time . Jaringan ini mampu mensupport 100 kali lipat kapasitas traffic serta efisiensi jaringan.

Baca Juga  PeduliLindungi, Aplikasi Kominfo

Daya tarik jaringan 5G ini untuk para penggunanya adalah kecepatan dalam mentransfer data. Seiring dengan kecepatan semakin bertambah akan berimbas pula pada pengurangan biaya. Konsep tersebut mirip dengan cloudhosting yang cepat serta lebih murah.


Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *