Dampak Pandemi Terhadap UMKM, Lakukan Inovasi Untuk Atasi PSBB

Bagikan artikel ini

Dampak pandemi terhadap UMKM yang besar membuat pengusaha harus menyesuaikan kondisi yang memang masih belum dapat dikendalikan. Banyak usaha mengalami kendala karena wabah COVID-19.

Dampak Pandemi Terhadap UMKM, Lakukan Inovasi Untuk Atasi PSBB
dara.co.id

Dampak Pandemi Terhadap UMKM

Sedikitnya ada 399% UMKM yang mengalami penurunan sehingga memaksa mereka untuk mengurangi stok barang. Bahkan ketika terjadi PSBB (Pembatasan Berskala Besar).

Sedangkan ada 16,1% UKM yang lebih memilih untuk mengurangi karyawannya dan banyak yang harus menutup toko mereka. Sehingga akibat wabah ini, sektor UMKM banyak menyebabkan penurunan pembeli dan berubahnya intensitas belanja masyarakat.

Bisa dilihat dari survey yang dilakukan Paxel Buy & Send Insight II. Dimana menampilkan sebanyak 37,3% daya beli konsumen masih tetap sama. Hal ini lebih sedikit dari frekuensi beli lebih sering yang sebelumnya.

Baca Juga  Strategi Bisnis Fashion di Tengah Pandemi, Seperti Apa Penerapannya?

Sehingga sejumlah UMKM memilih untuk mengubah produk mereka dengan inovasi kebutuhan masyarakat. Hal ini mereka lakukan untuk menjangkau kebutuhan masyarakat lebih luas lagi. Misalnya banyak yang beralih menjual makanan beku, kue, dan makanan harian untuk beradaptasi dengan pandemi saat ini.

Mereka yang menyediakan makanan siap saji memberikan pelayanan yang cepat sehingga bisa diantar tepat waktu. Dengan melakukan inovasi ini, membuat UMKM bisa mengatasi kesulitan karena wabah COVID-19. Meski masih merintis, namun mereka berusaha untuk tetap produktif di tengah masa sulit.

Oleh karena itu, kini sekitar 40,5% UMKM lebih mengutamakan kecepatan jasa pengiriman untuk merintis usahanya, sehingga mereka mau bekerja sama dengan adanya ongkos kirim. Survei ini dengan melibatkan 650 UMKM online selama ada penerapan PSBB.

Baca Juga  Tips Kerja Dari Rumah Pengusaha UMKM agar Tetap Untung

Adanya layanan dengan kecepatan yang bisa diandalkan untuk mengatasi krisis karena PSBB membuat UMKM bisa tetap bertahan dengan produknya untuk menghasilkan barang dan jasa. Dampak pandemi terhadap UMKM bisa sedikit teratasi dengan adanya inovasi dari setiap pelakunya.


Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *