Cara UMKM Tembus Pasar Global Melalui Pemanfaatan Teknologi

Bagikan artikel ini

Bagaimana cara UMKM tembus pasar global di masa seperti ini? Pertanyaan ini menjadi tantangan bagi para pelaku UMKM. Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan UKM menekankan pentingnya sebuah peningkatan. Terutama untuk peningkatan permintaan produk UMKM di masa pandemi.

Produk UMKM dalam negeri sendiri memiliki banyak keunggulan. Sehingga banyak peminat dari pasar global yang membutuhkan produk-produk UMKM. Hal ini harus semakin meningkat meski sedang dalam masa pandemi.

Cara UMKM Tembus Pasar Global
kompas.com

Cara UMKM Tembus Pasar Global

Menteri Koperasi dan UKM mengungkapkan bahwa peningkatan pada sektor UMKM juga bisa membangkitkan keterpurukan Indonesia saat ini. Salah satu keunggulan yang Indonesia miliki yakni ketersediaan bahan baku.

Mulai dari bahan endemik hingga hasil tambang yang melimpah. Kemudian kekayaan berupa budaya dan seni yang dapat menjadi inspirasi. Terutama bagi mereka yang membuat produk pernak-pernik khas Indonesia.

Baca Juga  UMKM Kuliner Saat PSBB Diberlakukan Kembali, Muncul Pelanggaran

Adanya sosialisasi dan pembinaan mengenai peningkatan UMKM perlu diperhatikan. Pembinaan ini ditujukan kepada calon pembeli agar semakin tertarik dan tidak ragu dalam membeli produk UMKM.

Dengan adanya pembinaan ini, maka nantinya juga akan ada adaptasi yang baru. Hal ini membuat usaha UMKM berangsur-angsur meningkat dan mampu mendorong kekuatan perekonomian negara.

Peranan Teknologi Untuk Meningkatkan UMKM

Dalam hal ini, peranan teknologi sangat penting. Salah satunya adalah untuk meningkatkan UMKM dengan cara memasarkan secara daring. Kemudian menjual secara online sehingga mampu menyasar banyak konsumen. Sebab, kebanyakan masyarakat Indonesia sudah masuk dalam jajaran pengguna smartphone terbanyak.

Selain itu, teknologi tidak hanya berperan pada pemasaran dan penjualan saja. Tetapi juga memiliki peranan pada proses produksi. Kemudian membantu dalam memberikan hasil riset SDM yang unggul guna meningkatkan UMKM.

Baca Juga  Arie Untung : Inilah Saatnya Kita Bersanding Bukan Bersaing

Dalam hal ini, perlu adanya pihak yang tanggap dan cakap dalam menggunakan teknologi. Karena untuk bertransformasi lebih jauh, maka diperlukan keterampilan mumpuni. Sehingga pemanfaatan teknologi bisa menjadi lebih maksimal daripada sebelumnya.

Penggunaan teknologi merupakan cara UMKM tembus pasar global bahkan lebih meningkat lagi. Transformasi ini bertujuan agar UMKM bisa mengambil peranan dalam pasar domestik.


Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *