Langkah Pulihkan Usaha Mikro Saat Pandemi Hingga PSBB

Bagikan artikel ini

Bagaimana langkah pulihkan usaha mikro saat pandemi? Pertanyaan tersebut menjadi upaya yang akan dilakukan oleh pemerintah ibu kota. Pemprov DKI Jakarta akan melaksanakan rencana untuk memulihkan aktivitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM.

Tidak sedikit pengusaha mikro yang mengalami kerugian akibat adanya virus Corona. Pemerintah juga sudah merencanakan banyak anggaran untuk meminimalisir kerugian. Sehingga tidak terlalu berdampak pada perekonomian negara.

Langkah Pulihkan Usaha Mikro Saat Pandemi Hingga PSBB
kompas.com

Langkah Pulihkan Usaha Mikro

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan akan melaksanakan tiga langkah untuk pemulihan UMKM. Pertama, adalah adanya relaksasi untuk penerbitan Izin Usaha Mikro Kecil. Kemudian yang kedua adalah melakukan relaksasi pada dokumen Akad Kredit Usaha.

Lalu langkah yang terakhir adalah penyerahan Akta Pendirian Koperasi. Penyerahan ini akan dilakukan pada 21 kampung prioritas yang sudah tersebar di 10 kecamatan.

Baca Juga  Cara UMKM Tembus Pasar Global Melalui Pemanfaatan Teknologi

Langkah pulihkan usaha mikro ini dapat menjadi batu loncatan agar para pengusaha mikro bisa berkembang lagi. Gubernur DKI Jakarta juga menyebutkan bahwa bapak ibu yang mendapatkan akta pendirian dan akta kredit harus menggunakannya sebaik mungkin.

Pemerintah berupaya untuk membuat pengusaha lebih makmur dan sejahtera. Terutama dalam kondisi seperti saat ini yang membuat banyak  orang merasa dirugikan. Pengusaha yang mendapatkan akses keuangan bisa mengembangkan usahanya.

Upaya Memulihkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Harapan negara dengan pemulihan ini adalah agar pengusaha lebih berkontribusi pada perekonomian. Pengusaha bisa mengembangkan kembali usahanya dan menutup kerugian.

Kemudahan yang diberikan oleh negara bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Mungkin usaha skala mikro bisa berubah menjadi menengah dan berkembang lagi hingga berskala besar.

Anies Baswedan menyebutkan agar akses kredit tersebut benar-benar dimanfaatkan sesuai dengan keperluan. Para pengusaha yang mendapat akses kredit tersebut harus mematuhi aturan.

Baca Juga  Cara Daftar Bantuan UMKM Rp 2,4 Juta Dengan Online dan Manual

Kemudian melaksanakan aturan dan menjaga kepercayaan dari kreditur itu sendiri. Sebab, menjaga kepercayaan dari kreditur sangatlah penting. Kegiatan usaha yang dilakukan oleh pengusaha juga harus dilandasi dengan komitmen.

Dengan begitu, usaha mikro dapat berjalan lancar tanpa hambatan. Gubernur Anies Baswedan juga menginginkan kawasan Jakarta lebih makmur dan berkeadilan. Diharapkan adanya langkah pulihkan usaha mikro benar-benar sesuai dengan harapan.


Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *