Cara Menghemat Uang Saat PSBB, Simak Tipsnya Berikut Ini

Bagikan artikel ini

Bagaimana cara menghemat uang operasional saat PSBB? Kini PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar akan kembali dilakukan. Khususnya untuk para pekerja yang ada di daerah ibu kota. Dengan kondisi seperti ini, maka sudah pasti pendapatan akan menurun.

Pemberlakuan PSBB yang akan segera terlaksana kembali membuat banyak orang harus bersiap. Terutama persiapan untuk pengelolaan keuangan ketika di rumah saja.

Cara Menghemat Uang Saat PSBB, Simak Tipsnya Berikut Ini
kompas.com

Cara Menghemat Uang Operasional Saat PSBB

Berhemat merupakan cara yang tepat untuk mengelola keuangan. Apalagi di saat PSBB sudah diberlakukan kembali. Namun berhemat saja tidak cukup, mengingat ada banyak kebutuhan yang harus terpenuhi.

Mengingat hidup di kawasan ibu kota memang membutuhkan banyak biaya. Pengelolaan keuangan semasa PSBB harus dilakukan dengan cermat. Sehingga nantinya perekonomian tetap berjalan lancar dan bukan menjadi beban. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk mengelola keuangan.

Baca Juga  Tips Sukses Ekspor Buat UKM, Pahami Setiap Tujuannya!

1. Memisahkan Kebutuhan Pribadi dan Bekerja

Salah satu cara yang bisa anda gunakan adalah memisahkan kebutuhan pribadi dan bekerja. Perencana Keuangan Finansial Consulting Eko Endarto memberikan saran bahwa kebutuhan pribadi dan pekerjaan harus dipisah.

Misalnya kebutuhan penggunaan kuota internet yang digunakan untuk pekerjaan dan kepentingan pribadi. Kemudian penggunaan listrik dan fasilitas lainnya yang memakan biaya.

Dengan memisahkan kebutuhan pribadi dan pekerjaan, maka anda sudah melaksanakan cara menghemat uang operasional saat PSBB. Budget yang anda keluarkan dapat ditekan dan bisa digunakan untuk kebutuhan hari berikutnya.

2. Menambah Porsi Untuk Dana Darurat

Cara selanjutnya yang bisa anda gunakan adalah menambah porsi untuk dana darurat. Mengurangi pembelanjaan merupakan salah satu cara untuk menambah dana darurat.

Ketika PSBB berlangsung, maka dana pemasukan akan berkurang. Sebab, pekerjaan semakin terbatas sehingga pengeluaran harus ditekan. Menambah porsi darurat merupakan cara menghemat uang operasional saat PSBB.

Baca Juga  Cara Promosi Jualan Online Untuk Tingkatkan Penjualan

3. Menetapkan Pengeluaran Hanya Untuk Kebutuhan Penting

Cara yang selanjutnya untuk menghemat uang operasional semasa PSBB adalah menekan pengeluaran untuk kebutuhan yang penting saja. Artinya, anda perlu menekan pengeluaran dengan membeli atau berbelanja sesuatu yang urgent dan mendesak.

Untuk pengeluaran yang kurang penting dan bersifat sebagai pelengkap, bisa dikesampingkan. Sedangkan untuk sesuatu yang penting bisa anda utamakan atau prioritaskan.

Tips diatas bisa anda gunakan sebagai cara menghemat uang operasional saat PSBB. Dengan begitu, anda bisa menjalankan kegiatan seperti biasa di masa PSBB dengan perekonomian yang cukup.


Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *