Mengenal Peter F. Gonta, yang Memposting Surat Budi Hartono ke Jokowi

Bagikan artikel ini

Sabtu, 12 Sept 2020, tersebar surat penolakan PSBB yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo dari orang terkaya di Indonesia, Robert Budi Hartono. Surat itu pertama kali diposting dari akun Instagram Peter F. Gontha.

DKI Jakarta melalui Gubernur Anies Baswedan akan memberlakukan PSBB total mulai Senin, 14 Sept 2020. Budi Hartono menyurati Jokowi bahwa menurutnya hal itu tidak tepat karena tidak efektif menurunkan tingkat pertumbuhan infeksi di Jakarta. Dan Budi Hartono mengungkapkan alasan lain bahwa ada tidaknya PSBB, kapasitas RS akan mencapai maksimum kapasitasnya. Budi juga memberikan saran agar DKI Jakarta memberi kesiapan tempat isolasi mandiri alternatif untuk penanganannya.

Pendiri Perhelatan Jazz Terbesar

Berita ini menjadi trending topics di media dan menjadi perbincangan warga net. Peter F. Gontha yang pertama kali memposting surat tersebut di Instagramnya @petergontha yang lahir tahun 1948. Banyak yang ingin lebih mengenal dengan sosok pebisnis senior sejak berita tentang surat Budi Hartono tersebut.

Peter F. Gontha sebagai Host Impact, CNBC Indonesia.

Peter F. Gontha, selain dikenal sebagai journalist senior, ia juga adalah seorang pebisnis yang melahirkan event tahunan musik jazz terbesar di Indonesia dan mendunia, Jakarta International Java Jazz Festival, yang pertama kali digelar tahun 2005 dengan dihadiri oleh 47.500 penikmat musik.

Baca Juga  OK OCE Maritim Jaring Aspirasi Nelayan Alor NTT

Sebagai Jurnalis yang banyak membawa perubahan di pertelevisian di Indonesia

Seperti yang dikutip di Wikipedia, Gontha juga turut mendirikan televisi RCTI bersama Bimantara Group pada tahun 1989. Juga turut mendirikan SCTV tahun 1990, Indovision 1994 dan tahun 1996, ia membeli koran harian The Indonesian Observer. Peter F. Gontha juga yang membawa CNN dan ESPN bisa mengudara di Indonesia.

Bagi para pengusaha muda, Gontha tidak asing lagi, pada tahun 2005, ia menjadi host acara televisi terkenal di Amerika, The Apprentice. Disiarkan di Indosiar, Gontha menjadi host seperti Donald Trump di serial tv versi Amerika.

Menjadi Duta Besar dan Komisaris BUMN

Di era Presiden SBY, Gontha mendapatkan amanah menjadi Duta Besar untuk Polandia tahun 2014-2018 dan mendapatkan bintang penghargaan dari Presiden Polandia, Andrzej. 7 Januari 2019, Presiden Jokowi mengutus Siti Nugraha Mauludiah sebagai Duta Besar Polandia menggantikan Gontha.

Peter F. Gontha bersama Sandi Uno membahas Program OK OCE

Sebuah talkshow Impact with Peter F. Gontha di CNBC Indonesia sejak tahun di 2019 sangat diminati oleh pemirsa TV karena menghadirkan tentang impact kepada Indonesia secara ekonomi, sosial dan politik. Sebagai host Gontha banyak mengundang tokoh-tokoh besar, salah satunya Sandiaga S. Uno, pendiri OK OCE pada November 2019.

Baca Juga  Ini Saran Sandiaga Agar UMKM Mampu Antisipasi Resesi

Peter F. Gontha saat ini adalah komisaris di perusahaan penerbangan nasional, Garuda Indonesia pada Januari 2020. Sebelumnya juga ia sebagai komisaris Garuda Indonesia pada tahun 2011-2014.


Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *