Pendaftaran BLT UMKM Diperpanjang Hingga September, Intip Syaratnya

Bagikan artikel ini

Pendaftaran BLT UMKM diperpanjang hingga akhir bulan September. Pemerintah telah menyalurkan BLT (Bantuan Langsung Tunai) untuk pengusaha Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) sejak minggu yang lalu. Bantuan tersebut sebesar Rp 2,4 juta untuk tiap UMKM.

Pendaftaran BLT UMKM Diperpanjang Hingga September, Intip Syaratnya
markey.id

Pendaftaran BLT UMKM Diperpanjang

Pemerintah Republik Indonesia telah mengeluarkan bantuan langsung tunai kepada para pengusaha UMKM yang telah mendaftarkan diri sejak minggu lalu. Melalui Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengutarakan jika untuk semua pelaku UMKM yang menginginkan BLT supaya segera mendaftarkan diri.

Pendaftaran ke Kadiskop UKM (Kepala Dinas Koperasi Usaha kecil Menengah) untuk kabupaten atau kota. Rencana sebelumnya, pemerintah pusat akan menutup sesi pendaftaran tersebut pada 31 Agustus 2020.

Namun, tampaknya rencana tersebut batal dilakukan. Pasalnya, pendaftaran tersebut akan kembali diperpanjang hingga akhir bulan September 2020. Tentang kebenaran berita ini, langsung dikonfirmasikan oleh Hanung Harimba, yakni Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop UKM.

Baca Juga  Arie Untung : Inilah Saatnya Kita Bersanding Bukan Bersaing

Ia mengatakan jika pendaftaran Bantuan BLT UMKM diperpanjang masih terbuka sampai akhir bulan September. Kemudian Hanung juga menghimbau kepada semua masyarakat yang sedang menggeluti Usaha Mikro Kecil Menengah untuk bergegas mendaftarkan diri. Meskipun telah diperpanjang, namun ia mengatakan jika pelaku UMKM tak harus menunggu hingga bulan September berakhir untuk memperoleh subsidi.

Syarat Pendaftaran Subsidi UMKM

Subsidi yang diberikan oleh pemerintah untuk pengusaha UMKM sebesar Rp 2,4 juta masing-masing orang. Menurut Teten, para pelaku UMKM yang menginginkan subsidi atau bantuan harus sedang tidak dalam menerima bantuan dari pihak bank manapun alias unbankable.

Jadi, bantuan atau subsidi ini dikhususkan bagi pengusaha yang belum sama sekali menerima bantuan dari pihak bank dan harus segera mendaftarkan diri kepada Kadiskop UMKM.

Baca Juga  Ini Saran Sandiaga Agar UMKM Mampu Antisipasi Resesi

Setelah Kadiskop menerima laporan, maka akan segera mengidentifikasi data dari calon penerima bantuan atau subsidi tersebut. Jika sudah dinyatakan layak, maka bantuan akan segera tersalur kepada para pengusaha UMKM.

Pada tahap pertama pendaftaran Bantuan BLT diperpanjang ini akan menyasar ke 9,1 juta pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Sedangkan target keseluruhan yakni 12 juta pelaku usaha.


Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *