Tes swab corona pakai robot

Bagikan artikel ini

Jakarta, Majalah OK OCE — Korea Institute of Machinery and Materials (KIMM) di bawah Kementerian Sains dan Teknologi Korea Selatan sedang merancang sebuah robot yang bisa melakukan tes swab. Tujuannya adalah supaya tes swab tidak perlu dilakukan lagi oleh tenaga medis.

Tujuannya tentu untuk mencegah penularan penyakit. Joon-ho dan tim berkolaborasi dengan Profesor Kim Nam-hee dari Dongguk University College of Medicine.

“Ini diharapkan bisa berguna secara klinis untuk diagnosa penyakit menular di masa depan,” kata Joon-ho dalam laporan di Korea Biomedical Review

Nanti pasien cukup bersiap menaruh muka di dudukan yang sudah disediakan, seperti dudukan muka milik dokter mata. Nanti robot akan melakukan tes swab ke hidung pasien. Robot ini dilengkapi dengan tangkai tes swab yang sekali pakai buang dan bisa diganti-ganti.

Baca Juga  Mudik Gratis BUMN Batal, Dana Dialihkan untuk Corona

Robot ini dikendalikan tenaga medis dari ruangan lain dengan joystick. Ada monitor yang memantau rongga hidung sampai pangkal tenggorokan sehingga operator robot bisa mengambil sampel dengan akurat dengan tangkai tes swab yang panjang.

Sang operator bisa mengendalikan tangkai tes swab naik turun, ke kiri atau kanan. Tenaga medis pun bisa berkomunikasi dengan pasien lewat video.

Joystick ini memiliki respons sentuhan yang sensitif. Sehingga, operator robot bisa seperti merasakan rongga hidung pasien secara langsung dengan alat tes swab.

Baca Juga  Tips Sandiaga Uno Untuk UMKM Menang Lawan Corona

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *