Indra Uno di Webinar OK OCE Indonesia : Ini 4 Perubahan Perilaku Konsumen di Era New Normal

Bagikan artikel ini

Jakarta, Majalah OK OCE — Saat ini, kita berada di era baru yang disebut “New Normal”. New Normal dapat diartikan dengan perubahan mendasar yang akan terjadi diberbagai aktivitas bisnis sehari-hari. Hal ini dapat menjadi peluang bagi pelaku usaha untuk melihat peluang dan menjadi solusi disetiap kebutuhan yang ada. Para pelaku usaha juga diharapkan dapat beradaptasi dengan situasi ini. Namun, adaptasi seperti apa yang mereka dapat lakukan? Maka dari itu, OK OCE Indonesia mengadakan webinar, Perilaku Konsumen di Era New Normal pada Kamis (18/6/2020). Dengan adanya webinar ini diharapkan para peserta lebih memahami perilaku konsumen di era new normal ini.

Co Founder OK OCE Indonesia Indra Uno mengatakan “Menurut saya situasi ini adalah new abnormal atau baru dan belum terbiasa. Dalam 3 (tiga) bulan terakhir ini temen-temen merasakan bisnis ada yang porak poranda, tutup toko, dan yang beradaptasi
pun ada. Ada sekitar 70% dari temen-temen yang bisnisnya anjlok, tetapi 20% stabil, dan 10%nya bahkan bisnisnya meningkat. Jadi memang peluang itu hadir dari setiap tantangan yang kita hadapi”.

Baca Juga  Curhatan Pelaku UMKM Kepada MPR Soal PSBB

Perubahan perilaku konsumen saat ini terbagi menjadi 4 (empat) bagian, yakni : Pertama, gaya hidup dirumah aja dimana adanya physical distancing banyak aktivitas atau hiburan yang dilakukan dirumah. Kedua, menuju virtual dengan menghindari kontak fisik maka banyak kegiatan yang dilakukan secara digital atau virtual.

“Perilaku konsumen berubah, contohnya yang tadinya tatap muka sekarang menjadi daring atau online. Yang tadinya dagang 70% tatap muka, sekarang 70% secara online” ungkap Indra.

Baca Juga  Sandiaga Beri Best Practice Kebijakan Agar Pengusaha Tidak Melakukan PHK

Ketiga, kebutuhan kembali ke kebutuhan mendasar seperti makanan, kesehatan, dan keamanan jiwa raga. Keempat, masyarakat empati dapat dilihat dengan banyaknya aksi sosial saat ini.

“Nah, dengan dirumah aja dapat membuka peluang bagi kita pelaku usaha untuk menghadirkan produk atau jasa yang mendukung kegiatan dirumah aja seperti menjual produk secara online” tutup Indra.


Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *