Tips Menghadapi Bisnis di Era Pandemi

Bagikan artikel ini

Jakarta, Majalah OK OCE — Ketua Umum OK OCE Indonesia Iim Rusyamsi membagikan tips agar bisnis dapat bertahan di tengah pandemi kepada peserta pelatihan kewirausahaan online yang diadakan oleh OK OCE Indonesia bersama Sudin PPKUKM Jakarta Barat pada Selasa (8/6/2020).

Pelaku usaha pasti menginginkan bisnisnya untuk terus meningkat. Namun, kenyataannya pandemi Covid-19 ini berhasil mengacaukan beberapa usaha yang sektornya terdampak. Penting bagi pelaku usaha untuk beradaptasi agar usahanya tetap berlangsung selama pandemi ini.

Ada 4 tips yang diberikan oleh Ketua Umum OK OCE Indonesia Iim Rusyamsi yakni pertama, bersikap transparan dengan menyampaikan kondisi terkini kepada tim kerja agar mendapat ide dari mereka. Kedua, terbuka untuk perubahan besar.

Baca Juga  Tips Sukses Jualan Online di Era Milenial

“Coba manfaatkan sosial media, karena saat ini semuanya sudah serba digital” ucap Iim.
Ketiga, temukan ide baru dengan merubah keinginan menjadi kebutuhan. Keempat, investasikan waktu dengan manfaatkan waktu sebaik mungkin agar kemampuan kita meningkat.
Iim mengatakan “Mungkin dulu sosial media hanya sekedar untuk berkomunikasi, tapi sekarang mulailah untuk menjadikannya sebagai wadah pemasaran produk kita agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Tingkatkan kemampuan dengan menginovasikan menu-menu yang sudah ada pada produk kita, hal ini bisa kita pelajari melalui youtube atau media informasi lainnya”.
Tidak hanya menjalankan tips diatas, agar bisnis kita semakin maju juga penting adanya sebuah silaturahmi atau kolaborasi.
Kasudin PPKUKM Jakarta Barat Nuraini Sylviana mengatakan “Dengan kolaborasi kita akan meningkatkan potensi agar menjadi pelaku usaha yang mandiri dan stabil”.

Baca Juga  SANDIAGA DI WEBINAR KENALSAPA x OK OCE : BISNIS BERBASIS TEKNOLOGI PELUANG USAHA SAAT WORK FROM HOME

“Kepada pelaku UKM saya berpesan, jangan mundur yuk kita maju bersama dan semangat untuk semua” tutup Sylviana.


Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *