UMKM Go Online? Ini Media Paling Efektif Menurut Dian Martin di Leader Talk OK OCE

Bagikan artikel ini

Jakarta, Majalah OK OCE — Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mulai mengejar cara online dalam penjualan produknya, khsususnya saat pandemi corona mulai mencuat. Ternyata, platform yang paling efektif adalah Whatsapp Businness dan Facebook marketplace. ” Platform yg paling mudah adalah Whatsapp Group, kemudian
Facebook marketplace, karena belum banyak yang memanfaatkan,” ungkap Dian Martin, CEO Asosiasi Digital Marketing Indonesia dalam acara Leader Talk bersama Ketua Umum OK OCE Indoensia, Iim Rusyamsi, Minggu, 31 Mei 2020

Dalam whatsapp anda bisa langsung posting produk Anda di grup hingga status.
Dian juga menambahkan, banyak pelaku usaha yang mengeluh karena produknya tidak laku,padahal sudah ada di beberapa marketplace ternama. Penjualan bisa dilakukan lewat whatsapp, facebook,hingga instagram, namun untuk pengiriman dan transaksi ada baiknya menggunakan marketplace ternama, pengiriman pun menjadi mudah. “Jangan jadikan marketplace yang paling utama, karena jutaan penjual yang ada disitu,” tambahnya.

Baca Juga  OK OCE Perluas Lapangan Kerja di Bangka Belitung

Pola Digital Marketing Strategi menurut Dian Martin yang pertama adalah, Promosi, meliputi Facebokk, Instagram,Youtube. Jika produk anda unik,maka dapat langsung dijual ke marketplace. Perlu diketahuj juga , pembeli di marketplace adalah price senstive. “Harga harus bersaing, karena produknya hampir serupa. Kalau jasa bisa di IG dan Youtube”. Pola yang kedua adalah pelaku usaha akan 2 hal (gratis dan murah).” Misalnya seminar gratis, edukasi, karena yg paling penting adalah trust. Tujuannya agar mereka teredukasi dengan produk anda. Perlu mengedukasi produk kepada masyarakat, karena ada produk High price low quantity( membuat model baru dan gunakan buzzer/selebgram/artis yang cocok dengan produk Anda) atau High QUantity low price (misalnya reseller)”.

Baca Juga  Agenda 20 Sept 2020 : Webinar Jadi CEO di Usia Muda

Terakhir Dian memberikan tips untuk pelaku usaha dalam menambah followers tanpa bayar, “Cara mendapatkan followers adalah gunakan lebih dari 25 hastag, jika sudah naik follwers Anda naikan dengan hastag yang sifatnya mainstream. Buatlah giveaway jika sudah mencapai followers Anda di 50ribu. Upload 3 kali sehari untuk konten Anda,dapat berupa motivasi, giveaway,hingga jualan produk”, tutup Dian.


Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *