Indra Uno Memberikan Tips Agar UMKM Bangkit Dari Covid-19

Bagikan artikel ini

Jakarta, Majalah OK OCE — Tak terasa sudah 1 bulan kita berada ditengah wabah Covid-19 ini. Saatnya kita untuk bangkit dari keterpurukan akibat pandemi ini. OK OCE Indonesia bersama Swakarya mengajak UMKM untuk bangkit dengan mengadakan Webinar yang bertemakan “UMKM Bangkit DItengah Pandemi Covid-19” pada Jumat, 24 April 2020 melalui aplikasi Zoom.

Ada tips bagi UMKM untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan usahanya. Seperti yang dikatakan oleh Indra Uno Co Founder OK OCE Indonesia “Menurut saya yang terpenting saat ini bagi UMKM yaitu pengelolaan keuangan, pertama kita bisa melakukan Makan (makan tabungan) yang dimiliki UMKM, kalau belum berhasil kita bisa melakukan Manset (makan aset) tentunya bukan aset produktif, tahap terakhir Manjam (melakukan pinjaman) pinjaman tidak melulu harus dilakukan ke perbankan atau koperasi tetapi bisa kita lakukan ke orang-orang terdekat yang sudah tahu bagaimana kita, nah disinilah pentingnya silaturahmi”.

Baca Juga  SANDIAGA DI WEBINAR OK OCE : PELAKU USAHA HARUS CEPAT BERADAPTASI

Hal ini sejalan dengan yang disampaikan oleh Iim Rusyamsi Ketua Umum OK OCE Indonesia yaitu “Kekuatan OK OCE adalah saling bersilahturahim, gunakan teknologi seperti yang saat ini kita lakukan untuk tetap silahturahim agar diperluas rezeki dan panjang umur”.

Selain itu, untuk mendukung UMKM bangkit, peran pemerintah juga sangat penting seperti yang dilakukan oleh pemerintah provinsi Bangka Belitung. Erzaldi Rusman, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengatakan bahwa mereka membuat peraturan yang mewajibkan para ASN (Aparatur Sipil Negara) setempat untuk membeli produk UMKM lokal Babel. “Saya sendiri memplopori untuk membeli produk masker kain dari UMKM menggunakan dana pribadi yang selanjutnya saya donasikan. Setelah saya melakukan hal tersebut mulai banyak CSR yang ikut memesan masker juga” ungkap Melati Erzaldi selaku Ketua Dekranasda UMKM Bangka Belitung.

Baca Juga  Agenda 26 Sept 2020 : Workshop Membuat Sabun Cair

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *