Apakah Aplikasi Zoom Aman ?

Bagikan artikel ini

Jakarta, Majalah OK OCE — Zoom mungkin tidak benar-benar aman untuk pembicaraan super penting, misalnya urusan pemerintahan atau bisnis rahasia. Akan tetapi bagi pembicaraan biasa agaknya tak perlu khawatir, pakar sekuriti menyebutkan Zoom aman bagi kebanyakan orang.

“Zoom menyatakan saat ini ada 200 juta meeting digelar per hari dan meskipun memang ada kelemahan serius ditemukan, mungkin bisa dikatakan bahwa 199 juta di antara meeting itu tidak dalam bahaya,” sebut Joe Tidy, jurnalis keamanan siber BBC.

Baca Juga  Tingkatkan Keamanan dari Serangan Siber Karena WFH

Diberitakan sebelumnya, lembaga pengawas internet Citizen Lab di Kanada, menyarankan orang pikir-pikir sebelum pakai Zoom, khususnya jika membicarakan sesuatu yang sensitif.

Sebab, sistem keamanan Zoom menurut mereka tak dirancang untuk melindungi pembicaraan penting, dengan penyandian atau enkripsi tidak standar sehingga punya kelemahan.

Meskipun demikian, tentu hacker tidak akan sembarangan menyadap pembicaraan itu, terlebih butuh usaha besar melakukannya. Maka, perbincangan kebanyakan orang takkan terdampak.

“Perlu usaha besar dan waktu lama bagi hacker dan sia-sia mengincar pembicaraan biasa. Targetnya adalah pembicaraan level tinggi direksi perusahaan atau pemerintahan,” tulisnya.

Baca Juga  Jaringan 5G, Teknologi Terbaru dalam Dunia Seluler

Citizen Lab sendiri mengutarakan hal yang sama. Memakai Zoom untuk menghubungi teman, menggelar acara sosial atau perkuliahan tidaklah berisiko karena informasinya pun tidak bernilai bagi orang lain. “Penemuan kami ini tidak perlu menjadi kecemasan,” sebut mereka.


Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *