Tips Sandiaga Uno Untuk UMKM Menang Lawan Corona

Bagikan artikel ini

Jakarta, Majalah OK OCE — ┬áSandiaga Uno berbagi sejumlah jurus ke usaha mikro kecil menengah (UMKM) supaya bisa bertahan dalam menghadapi dampak virus corona. Hal itu disampaikan Sandi dalam acara online dengan tema ‘Jangan Panik, Segera Adaptasi’.

Acara tersebut diikuti oleh pelaku UMKM lebih dari 20 kota di Indonesia seperti Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, Bandung, Sumbawa, Purwokerto, Mojokerto, Tegal, dan lain-lain. Mereka menyampaikan pertanyaan antara lain terkait bagaimana UMKM bisa bertahan terhadap menurunnya permintaan.

Lalu, adaptasi dan pemetaan potensi pasar, amati perkembangan dan jangan melawan arus, lebih baik ‘menepi’ sambil membaca peluang peluang usaha lainnya seperti usaha sembako.

Baca Juga  Hari Bumi ditengah Pandemi Covid-19

“Maksimalkan kemampuan jejaring karena ada 61 juta UMKM di Indonesia, dengan sikap positif dan optimis, bisa saling menjembatani sesama UMKM agar bisa lebih bertahan, kebutuhan pokok terpenuhi dan tetap hemat serta ‘kencangkan ikat pinggang’,” demikian bunyi keterangan tertulis

Selanjutnya, memperbanyak silaturahim dan kerja sama atau kolaborasi dengan berbagai pihak di mana semuanya secara online, dan komunikasikan secara fisik dengan menjaga jarak.

“Dan terakhir, jalin terus komunikasi dan kerjasama, aktif dalam himpunan atau komunitas, karena dengan bersama, kita jauh lebih kuat dan bisa lebih cepat berkembang karena lebih terbantu,” sambung keterangan itu.

Baca Juga  Membangun Bisnis Fashion Usaha Menjanjikan

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *