Cegah Misinformasi COVID-19, Instagram Hapus Akun Tidak Resmi

Bagikan artikel ini

Jakarta, Majalah OK OCE — Instagram menghapus konten dan akun tidak resmi yang memposting terkait virus corona COVID-19. Upaya tersebut dilakukan agar penggunanya dapat menerima informasi yang sesuai.

Sejak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan bahwa virus corona sebagai darurat kesehatan global pada Januari lalu, Instagram berkomitmen agar pengguna yang mencari informasi terkait virus corona di platformnya berasal dari sumber terpercaya.

Instagram akan menghapus akun-akun COVID-19 yang tidak terpercaya dari daftar akun yang disarankan dan konten terkait COVID-19 yang diposting oleh akun tidak terpercaya di explore.

“Instagram hanya akan menampilkan konten COVID-19 dari akun organisasi kesehatan yang terpercaya. Instagram juga akan mulai menyembunyikan (downrank) konten yang ditandai sebagai misinformasi oleh mitra pengecek fakta pihak ketiga Instagram dari feed dan stories,” kata Instagram melalui siaran persnya belum lama ini.

Baca Juga  Syarat Penundaan Cicilan Motor Ojol & UMKM

Jika postingan dinyatakan sebagai misinformasi oleh mitra pengecek fakta pihak ketiga, Instagram akan menghapus postingan tersebut dari laman Explore dan hashtag.

Instagram juga akan menghapus berbagai klaim palsu maupun teori konspirasi yang telah ditandai oleh organisasi-organisasi kesehatan dunia dan otoritas kesehatan setempat sebagai teori yang memiliki potensi membahayakan para pengguna yang mempercayainya.

Guna mencegah orang yang ingin mengeksploitasi situasi darurat kesehatan global ini, anak perusahaan Facebook ini pun telah memberlakukan beberapa kebijakan lainnya. Instagram melarang iklan-iklan menyesatkan terkait COVID-19yang dibuat secara sengaja untuk menciptakan urgensi, serta mengklaim kesembuhan atau menjamin pengguna terhindar dari COVID-19.

Untuk sementara waktu, Instagram juga melarang iklan dan konten sponsor yang mempromosikan perlengkapan medis tertentu, termasuk masker kesehatan. Sebagai tambahan, Instagram telah menghapus filter-filter AR yang berhubungan dengan COVID-19, kecuali filter AR tersebut dikembangkan atas kolaborasi dengan sebuah organisasi kesehatan terpercaya.

Baca Juga  PeduliLindungi, Aplikasi Kominfo

Agar penggunanya selalu terhubung, platform berbagi foto dan video ini meluncurkan Co-Watching, sebuah fitur yang memungkinkan pengguna melihat postingan-postingan Instagram secara bersama-sama dengan teman-teman mereka melalui obrolan video chat.

Kemudian, sebagai bentuk saling berbagi inspirasi terkait kegiatan di rumah, Instagram meluncurkan sticker ‘Di Rumah Aja’ untuk penggunanya di Indonesia. Keberadaan sticker ini juga sebagai bentuk praktik dari menjaga jarak fisik alias physical distancing untuk memotong penyebaran virus corona.


Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *