Beberapa Situs Pantau Penyebaran Virus Corona atau COVID-19

Bagikan artikel ini

Jakarta, Majalah OK OCE — Penyebaran virus corona atau COVID-19 masih menghantui dunia, termasuk Indonesia. Beberapa pasien infeksi virus corona melaporkan sudah sembuh dan sehat, namun kasus masih terus bertambah seiring jumlah kematian.

Kasus infeksi virus corona atau COVID-19 telah menjadi sorotan dunia sejak melumpuhkan Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China. Seperti diketahui, infeksi kemudian meluas hingga nyaris tak ada negara yang absen dari serangan COVID-19.

Untuk memantau perkembangan dan penanganan infeksi virus corona, beberapa organisasi internasional membuat peta penyebaran virus corona. Dalam peta tersebut terdapat informasi kasus COVID-19 yang terkonfirmasi, jumlah yang sembuh, dan juga angka korban.

Berikut 9 situs untuk memantau penyebaran virus corona atau COVID-19, supaya tidak terjebak hoax:

1. Situs milik Pemprov DKI Jakarta

Situs yang bekerja secara real time ini bisa diakses di https://corona.jakarta.go.id/. Selain peta penyebaran virus corona di DKI Jakarta, situs juga menyertakan nomor telepon yang bisa dihubungi sebagai usaha Jakarta Tanggap COVID-19.

2. Situs milik Pemprov Jawa Barat

Baca Juga  Cegah Misinformasi COVID-19, Instagram Hapus Akun Tidak Resmi

Pusat informasi dan koordinasi COVID-19 ini bisa diklik di https://pikobar.jabarprov.go.id/#/. Selain data terbaru penyebaran virus corona atau COVID-19 di Jawa Barat, disertakan juga nomor telepon untuk kondisi darurat dan menanyakan pertanyaan umum.

3. Situs milik Johns Hopkins University and Medicine

Peta dunia penyebaran virus corona atau COVID-19 bisa diakses di https://coronavirus.jhu.edu/map.html. Coronavirus Resource Center ini adalah peta interaktif yang memungkinkan pengguna mendapat informasi terkini, sekaligus bertanya informasi seputar virus corona.

4. Situs milik Healthmap

Situs penyebaran virus corona atau COVID-19 milik healthmap bisa diakses di https://www.healthmap.org/covid-19/. Situs ini memberikan animasi penyebaran virus corona mulai dari China dan negara lain. Pengguna juga bisa mengetahui siapa saja yang menyumbang informasi dalam situs tersebut.

5. Situs milik badan kesehatan dunia WHO

Bagi yang menginginkan informasi dari badan kesehatan dunia WHO bisa klik di https://experience.arcgis.com/experience/685d0ace521648f8a5beeeee1b9125cd. Situs ini juga menyediakan grafik kasus virus corona atau COVID-19 tiap hari.

6. Situs milik Nextstrain

Baca Juga  Bank Indonesia Waspada Kejahatan Teknologi, Pencuri 30 Juta Data Kartu Kredit

Situs penyebaran virus corona atau COVID-19 dari nextstrain bisa diklik di https://nextstrain.org/. Situs ini agak teknis karena menyediakan perubahan genom dari virus COVID-19. Informasi dalam situs menjabarkan kondisi virus mula dari saat ditemukan kali pertama di Wuhan hingga menyebar di seluruh dunia.

7. Situs milik CDC

Peta penyebaran virus corona atau COVID-19 milik Centers for Disease Control and Prevention (CDC) bisa diakses di https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/cases-updates/world-map.html. Di sini juga ada informasi yang paling dasar dan teknis, untuk mencegah infeksi virus corona atau COVID-19.

8. Situs milik Microsoft

Microsoft menyediakan peta interaktif Bing map yang menyediakan informasi penyebaran virus corona di dunia. Untuk mengakses informasi ini cukup klik di https://www.bing.com/covid. Sumber informasi diambil dari WHO, CDC, badan kesehatan Eropa ECDC, dan Wikipedia.

9. Situs milik New York Times

Link https://www.nytimes.com/interactive/2020/world/coronavirus-maps.html tersedia bagi yang ingin mengetahui informasi penyebaran virus corona di dunia. Informasi juga tersedia dalam bentuk grafik dan charts yang mudah dibaca.


Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *