Beberapa Layanan Remote Desktop untuk bekerja dirumah

Bagikan artikel ini

Jakarta, Majalah OK OCE — Banyak perusahaan yang mulai membolehkan pegawainya untuk bekerja dirumah. Namun mungkin ada pekerjaan yang harus tetap dilakukan menggunakan PC yang ada di kantor.

Untungnya, kita tetap bisa mengakses dan mengontrol PC di kantor dari mana pun, yaitu dengan menggunakan aplikasi remote desktop. Aplikasi semacam ini dibutuhkan untuk kondisi seperti, anda membutuhkan akses ke PC di kantor untuk mengambil data yang hanya ada tersedia di jaringan internal.

Atau bisa juga membutuhkan PC dengan performa tinggi yang ada di kantor. Aplikasi semacam ini juga biasanya berguna untuk admin IT, yang bisa mengontrol PC yang sedang bermasalah tanpa harus datang langsung.

Berikut ini adalah sejumlah aplikasi yang bisa jadi pilihan untuk melakukan remote desktop.

TeamViewer

TeamViewer bisa dibilang adalah software remote desktop yang paling terkenal di dunia. Salah satu penyebabnya adalah software ini mendukung jenis platform yang sangat banyak, yang membuat penggunanya bisa mengakses dan mengontrol PC menggunakan bermacam perangkat yang ada saat ini.

Dukungan terbarunya adalah TeamViewer mendukung teknologi Samsung DeX, yang membuat pengguna ponsel atau tablet Samsung dengan dukungan DeX bisa mengakses PC-nya secara remote.

Baca Juga  Google Meluncurkan Program "Tangkas Berinternet"

Namun mungkin yang membuat software ini sangat populer adalah adanya versi gratis untuk pengguna rumahan, yang membuat software ini bisa digunakan tanpa mengeluarkan uang sepeser pun, meski tentunya dengan berbagai keterbatasan dibanding versi berbayar.

Remote Utilities for Windows

Remote Utilities for Windows adalah software remote desktop yang tersedia secara gratis. Softwarenya sendiri membolehkan penggunanya untuk terhubung dengan 10 komputer, dan juga dilengkapi dengan sejumlah fitur yang biasanya hanya ada di software remote desktop berbayar.

Software ini terdiri dari dua bagian, yaitu Host dan Viewer. Host adalah software yang dipasang di PC yang mau dikontrol, sementara Viewer adalah software yang dipasang di PC yang dipakai oleh pengguna untuk mengontrol.

Ada juga aplikasi Viewer untuk iOS dan Android. Namun sayangnya, software remote desktop ini hanya bekerja untuk pengguna Windows, jadi pengguna Mac tak bisa memakainya.

Chrome Remote Desktop

Ini juga solusi remote desktop yang terbilang murah dan mudah, karena terintegrasi dengan layanan Google dan beroperasi dalam bentuk ekstensi di browser Chrome. Instalasi hanya membutuhkan akun Google dan mengatur nomor PIN.

Baca Juga  Mengenal Teknologi di Pesawat

Namun, kemudahan ini pun mempunyai sejumlah keterbatasan fitur, salah satunya adalah pengguna tak bisa memindahkan file lewat layanan ini.

Microsoft Remote Desktop

Microsoft membenamkan fitur remote desktop ini ke dalam Windows 10, yang membuat penggunanya bisa melakukan remote desktop tanpa program tambahan dari pihak ketiga.

Fitur ini pun bisa diakses secara gratis, namun sayangnya Microsoft Remote Desktop ini hanya tersedia untuk pengguna Windows 10 Pro Edition, jadi pengguna Home Edition tak bisa menikmati fitur ini.

Perlu diketahui juga, fitur ini terbilang paling rumit penggunaannya ketimbang memakai software dari pihak ke-3 seperti TeamViewer dan sejenisnya.

Zoho Assist

Zoho Assist adalah platform software berbasis cloud yang menyediakan layanan remote support dan remote access, yang tujuannya untuk memberikan jalur bagi tim IT menyediakan dukungan ke kustomer.

Layanan remote support yang disediakan membolehkan koneksi sesuai permintaan tampa memerlukan software tambahan. Caranya dengan memberikan undangan ke pengguna lewat email.

Layanan ini mendukung sejumlah fitur seperti file transfer, voice dan video chat, termasuk me-restart perangkat tanpa kehilangan koneksi ke perangkat tersebut.

Baca Juga  Cegah Misinformasi COVID-19, Instagram Hapus Akun Tidak Resmi

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *