Merapi Kembali Erupsi

Bagikan artikel ini

Jakarta, Majalah OK OCE — Merapi kembali erupsi dan menyemburkan kolom abu setinggi 6.000 meter dari puncak. Guguran abu disebutkan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (BBPTK PVMBG Kementrian ESDM).

Erupsi terjadi Selasa (3/3) pukul 05.22 WIB dan tercatat seismograf dengan amplitudo 75 mm dan berdurasi 450 detik. Menurut BBPTK, guguran abu mengarah ke hulu Kali Gendol dengan jarak maksimal 2 kilometer. Arah angin dari erupsi ke arah menuju utara.

Baca Juga  Merapi Erupsi berikut Penjelasan BPPTKG

Gunung Merapi sudah masuk status waspada sejak 21 Mei 2018. Berdasarkan data BBPTK PVMBG ESDM, di Indonesia terdapat 12 gunung berapi yang tengah aktif. sebanyak 3 gunung berstatus siaga (level III) yaitu Gunung Karangetang (Sulawesi Utara), Gunung Sinabung (Sumatera Utara), dan Gunung Agung (Bali).

Sementara gunung yang ada di status waspada (level II) adalah Gunung Semeru (Jawa Timur), Gunung Anak Krakatau (Lampung), Gunung Merapi (Yogyakarta Jawa Tengah), Gunung Bromo (Jawa Timur), Gunung Slamet (Jawa Tengah), Gunung Dukono (Maluku Utara), Gunung Api Gamalama (Maluku Utara).

Baca Juga  Daftar Lengkap Jadwal Kereta yang Dibatalkan

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *