Pentingnya Ekspor Bagi Para Pelaku UMKM

Bagikan artikel ini

Jakarta, Majalah OK OCE — Produk-produk UMKM di Indonesia memiliki potensi besar untuk dapat menembus pasar ekspor. Dengan melakukan ekspor, UMKM berpotensi untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar, karena pasar nya akan menjadi semakin luas.

“Ekspor adalah solusi memperluas lapangan kerja karena berfungsi untuk memperluas pemasaran dan nantinya dapat memperluas lapangan kerja, ini yang akan ditingkatkan agar sesuai dengan pasar sehingga dapat meminimkan angka pengangguran,” ucap Indra Uno, Yayasan Rumah Insani 37, Mall Pelayanan Publik, Jum’at (15/02/2020).

Dalam melakukan ekspor, pelaku UMKM perlu memperhatikan beberapa hal berikut, barang apa yang akan dijual, bagaimana nilai barang, serta ada penerima barangnya dari luar negeri. Hal ini diungkapkan Ricky, selaku Sales and Marketing Director Rayspeed Asia dalam acara tersebut. Menurutnya, pelaku UMKM yang ingin melakukan ekspor harus memenuhi 3 unsur tersebut. Barang-barang yang dijualpun juga perlu memiliki packaging yang baik, sehingga nantinya bisa menjadi bentuk kerjasama dengan OK OCE Indonesia. Turut hadir Ketua Umum OK OCE Indonesia, Iim Rusyamsi yang mengatakan OK OCE akan terus mengadakan pelatihan dan pendampingan seputar packaging (kemasan) sehingga membuat para pelaku UMKM semangat untuk mengkspor produk.

Baca Juga  Sandiaga Uno Sebut Ada Trasformasi Relawan Prabowo-Sandi Jadi Pengusaha UMKM
Taufik Ardi Head of Project Avana.id

Tidak hanya itu, ternyata menurut Badan Pusat Statistik Nasional, Indonesia mengekspor pakaian jadi hampir 4 milyar USD ke Amerika Serikat, hal ini diungkapkan Taufik Ardi, Head of Project Avana.id. Maka dari itu, Avana.id juga siap membantu para pelaku UMKM yang bersiap untuk ekspor.

Anbiya Akbar Bussines Development Specialist FPS Indonesia

Acara ini ditutup dengan Anbiya Akbar, Bussines Development Specialist FPS Indonesia yang memberikan kemudahan bagi para pelaku UMKM yang ingin menjual produknya ke luar negeri melalui jalur laut.

Baca Juga  Pensiun Jadi Atlet? Mari Berwirausaha!

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *