XL Meraup Keuntungan Rp 25 triliun dari Paket Data Konsumen

Bagikan artikel ini

Jakarta, Majalah OK OCE — XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil mengantongi keuntungan pada 2019. Hal ini didukung dengan peningkatan pendapatan dari pelanggan internet di layanannya. Berdasarkan laporan XL, pelanggan data berhasil menyumbang 89 persen dari total pendapatan operator telekomunikasi itu. 

Pertumbuhan pendapatan XL tersebut diklaim melampaui pendapatan rata-rata industri telekomunikasi Indonesia. Para analis memperkirakan industri telekomunikasi tumbuh 4 persen.

Selain itu, XL juga mencatat laba bersih sebesar Rp 713 miliar dari tahun sebelumnya yang mengalami kerugian. Pertumbuhan XL ini didorong oleh efisiensi dan peningkatan operasional (operational excellence). 

Selain itu, di tahun yang sama XL berhasil melakukan penetrasi smartphone sebesar 86 persen dengan total pelanggan 48,8 juta. Angka ini naik 11 persen dibanding di 2018. Sedangkan, total pelanggan XL Axiata selain pengguna smartphone tercatat sebanyak 56,7 juta.

Baca Juga  Jaringan 5G, Teknologi Terbaru dalam Dunia Seluler

“Kami terus fokus dan konsisten dalam menerapkan strategi yang mengutamakan layanan data. Pertumbuhan pendapatan didorong oleh pertumbuhan pendapatan layanan dengan data sebagai motor utama,” jelas Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini dalam keterangan resmi, Senin (10/2).

XL juga menyebut rata-rata pengeluaran pengguna mereka naik dari Rp 32.000 jadi Rp 35.000. 

Menurut Dian, ke depan perusahaan akan terus mempertahankan merek “XL” dan “AXIS”. Sebab, kedua merek ini akan menyasar segmen pasar yang berbeda.

Hingga akhir 2019, XL telah meningkatkan total BTS menjadi lebih dari 130 ribu. Dari total BTS itu, 40 ribu menara telah menggunakan teknologi 4G. Layanan 4G XL Axiata saat ini telah tersedia di 425 kota/kabupaten. Wilayah luar Jawa tetap menjadi fokus utama untuk ekspansi jaringan dan jangkauan.

Baca Juga  ZTE dan LG Batal Hadir di MWC 2020


Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *