Google Meluncurkan Program “Tangkas Berinternet”

Bagikan artikel ini

Jakarta, Majalah OK OCE — Internet bermanfaat sekali untuk anak-anak. Google mendukung literasi digital anak, orangtua dan guru lewat program “Tangkas Berinternet”.

Menyambut Hari Keamanan Berinternet Sedunia yang jatuh pada tanggal 11 Februari, Google meluncurkan program Tangkas Berinternet, ditujukan untuk mempromosikan literasi digital bagi anak, orangtua dan guru di seluruh Indonesia. Apalagi saat ini data menemukan satu dari tiga pengguna internet adalah anak-anak.

Program ini merupakan hasil kerjasama Google dengan Yayasan Sejiwa dan Indonesia Child Online Protection.

“Kita sudah tahu benefit dari internet, tapi internet itu datang dengan risikonya,” ucap Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Google Indonesia (10/2).

Baca Juga  Beberapa Layanan Remote Desktop untuk bekerja dirumah

“Jadi sangat penting bagi anak-anak kita untuk memiliki literasi digital,” Sambungnya.

Program Tangkas Berinternet akan berisi materi-materi ajar untuk orangtua, guru dan anak. Program ini dibangun dengan lima optik yaitu cerdas, cermat, tangguh, bijak, dan berani berinternet.

Selain kurikulum yang dirancang dari lima optik tersebut, Tangkas Berinternet juga memiliki situs dan game berbasis web bernama Interland yang bisa diakses anak.

Untuk meluncurkan program ini, Google mendapat dukungan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) serta Kementrian Komunikasi dan Informatika.

Baca Juga  Jaringan 5G, Teknologi Terbaru dalam Dunia Seluler

Menurut Bintang Puspayoga Menteri PPPA, internet itu bermanfaat khususnya bagi anak-anak. Internet membantu mereka mengembangkan dirinya, tapi ada juga hal yang akan rentan untuk anak-anak.

“Mudah-mudahan dengan diluncurkan nya program ini bisa mem-protect anak-anak,” kata dia.


Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *